Ep#1 Anda Nervous Presentasi? Tonton Ini

By David Pranata | Tips Presentasi

Aug 06

Apakah presentasi membuat Anda merasa deg-degan, keluar keringat dingin, dan ketiak mulai basah? Jika Anda menjawab “Ya”, tonton video berikut deh..

Shownotes Episode #1: Anda Nervous Presentasi? Tonton Ini..

Jika presentasi atau bicara di depan umum membuat Anda nervous maka.. saya ucapkan “SELAMAT!” pada Anda.

Lho, kok selamat?

Ya, karena itu artinya Anda normal dan Anda sehat. Nervous presentasi adalah reaksi normal yang dialami orang.

Anda juga tidak sendirian. Banyak orang di luar sana yang juga mengalami hal yang sama. Bahkan saya sendiri, yang pekerjaannya mengajari orang-orang cara membawakan presentasi dan bagaimana menjadi percaya diri dalam berpresentasi ini, juga mengalaminya.

Fear of Public Speaking or Public Embarassment?

Jika kita cermati rasa nervous yang timbul bukanlah karena takut public speaking atau takut bicara. Sebenarnya kita takut akan public embarassment alias malu karena gagal di depan umum. Kita kuatir nanti waktu di depan bakal lupa, blank, dicuekin audiens, sampai kuatir laptop meledak.

Intinya, takut gagal di depan orang banyak.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah tiga tips simpel untuk mengatasi rasa nervous presentasi

1. Latihan, latihan, latihan

Banyak yang kurang pede karena kurang persiapan atau kurang latihan. Kurang paham isi materi dan juga tidak yakin akan skill yang mereka miliki. Bagaimanapun public speaking adalah sebuah skill yang musti dipraktekkan.

Oleh karena itu kunci utama untuk menjadi percaya diri saat presentasi adalah latihan, latihan, dan latihan.

“Tapi Pak, presentasi saya kan masih belum bagus, masa disuruh tampil.”

Nah disinilah banyak yang salah persepsi. Anda itu BUKAN jadi baik dulu baru tampil, tetapi tampil dulu (meski banyak yang salah) maka Anda akan menjadi lebih baik.

Kemudian Anda mungkin bertanya, “Wah, saya musti tampil dimana untuk latihan, Pak?”

Anda bisa berlatih di mana saja: kantor, kampus, sekolah, rumah atau tempat-tempat lainnya. Mintalah satu atau beberapa orang teman atau kolega, atau anggota keluarga Anda untuk menjadi audiens dan mendengarkan presentasi Anda. Manfaatkan tiap kesempatan yang ada.

Atau Anda bisa juga bergabung dengan Toastmasters, sebuah klub yang melatih anggotanya untuk menjadi komunikator yang efektif. Disini Anda bisa berlatih public speaking dengan suasana yang kondusif dan mendukung.

2. Kondisikan fisik dan mental Anda

Sebagian besar orang berkata bahwa saat-saat paling mendebarkan itu bukan saat membawakan presentasinya , melainkan saat sebelum presentasi itu dimulai alias waktu menunggu giliran. Setuju?

Oleh karena itu apa yang Anda lakukan di saat sebelum presentasi ini akan sangat menentukan. Yang perlu Anda lakukan ada dua hal. Yang pertama berkaitan dengan mental dan yang kedua berkaitan dengan fisik.

  • Mental: buat diri Anda rileks, dengarkan lagu-lagu favorit yang bisa membuat Anda lebih semangat dan percaya diri. Kalau saya suka memutar ‘Simply the Best’-nya Tina Turner atau ‘Firework’-nya Katy Perry. Anda bisa membuat playlist khusus di spotify.
  • Fisik: Fokuslah pada nafas dan buatlah teratur. Anda bisa juga menampilkan gestur tubuh yang percaya diri, misal: menyunggingkan senyum, bukannya cemberut; badan yang tegak, bukannya badan menunduk.

3. Ubah fokus Anda

Kebanyakan orang merasa nervous karena memikirkan tentang kepentingan diri sendiri dan fokus kepada hal-hal negatif. Mereka membayangkan seandainya audiens tidak suka dengan materinya dan mengabaikan presentasinya.

Ini semua karena mereka lebih memikirkan hal-hal yang negatif dan lebih fokus kepada apa yang mereka dapat, bukan kepada apa yang mereka berikan.

Untuk mengendalikan rasa nervous presentasi Anda harus mengubah fokus. Ubah fokus menjadi “Apa yang bisa saya berikan kepada audiens.”

Utuk itu, tanyakan ke diri Anda sendiri:

  • Bagaimana saya bisa menyampaikan materi ini sehingga mereka jelas dan audiens bisa belajar sesuatu yang baru
  • Bagaimana saya bisa merancang presentasi saya sehingga bisa lebih menarik dan menghibur
  • Bagaimana materi saya ini bisa membantu mereka untuk mengerti atau membuat sebuah keputusan

Dengan fokus tersebut maka Anda akan lebih tenang dan tidak ada lagi waktu untuk kuatir.

Nah, itu tadi tiga tips simpel untuk mengatasi rasa nervous saat presentasi. Silahkan diterapkan untuk presentasi mendatang dan alami bagaimana diri Anda bisa lebih percaya diri dalam membawakan materi.

Saat Anda merasa konten ini bermanfaat silahkan like dan share ke teman dan keluarga yang Anda rasa akan mendapat manfaat dari video / konten ini.

Untuk mendapat tips – tips seputar presentasi dan komunikasi secara rutin baik di youtube ataupun di email Anda, silahkan subscribe di blog (plus ada bonus ebook From Panic to Power special untuk Anda). Untuk subscribe tinggal isikan saja nama dan alamat email pada kolom di bawah ini.

Follow

About the Author

Halo, Saya David Pranata seorang speaker, trainer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan mampu berkomunikasi dan berpresentasi dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa memiliki pengaruh lebih, stand out of the crowd dan disukai oleh teman, boss, keluarga dan (bahkan) mertua.