Ep #2 Pentingnya Kesan Pertama

By David Pranata | Tips Komunikasi

Aug 13

Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang hanya membutuhkan 7 detik untuk memutuskan bahwa mereka akan menyukai Anda atau tidak. Oleh karena itu peran kesan pertama begitu penting.

Simak cerita pengalaman saya berikut untuk ilustrasi komplitnya..

Shownotes Episode #2: Pentingnya Kesan Pertama

Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda.”

Pernah mendengar tag line iklan produk dengan bunyi seperti itu? Ya, itu adalah tag line iklan body spray AXE yang populer di tahun 90-an. Jika Anda lahir di era yang sama dengan saya (generasi tahun 80an) pastinya Anda tahu iklan itu.

Meski narasi dalam iklan itu spesifik mengenai bagaimana memikat seorang gadis, tetapi pesannya universal dan bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Inti pesannya adalah bahwa penilaian orang lain kepada kita sangat ditentukan oleh kesan pertama di awal bertemu.

Karena itu menciptakan kesan pertama yang baik ini sangat penting. Penting tidak hanya bagi mereka yang hendak bertemu rekan bisnis atau calon klien, tetapi juga bagi mereka yang hendak bertemu calon atasan, calon pasangan hidup (atau calon mertua).

Pastikan Anda menyimak video di atas untuk ilustrasi / cerita pengalaman pribadi saya tentang penting-nya pengalaman pertama. Dari cerita tersebut Anda akan mendapat pemahaman yang lebih mengena.

Kesan pertama yang salah bisa menimbulkan penilaian yang salah. Kecakapan Anda sebagai seorang calon karyawan bisa diremehkan calon atasan bila Anda memberikan kesan awal yang keliru.

Kualitas Anda sebagai seorang calon menantu yang baik bisa diabaikan oleh calon mertua jika kesan pertama Anda buruk di mata mereka.

Beberapa tips simpel untuk menciptakan kesan pertama

Maka dari itu penting sekali untuk memperhatikan hal-hal yang menentukan kesan awal ini. Ada beberapa hal yang bisa memengaruhi baik-buruknya kesan awal tersebut, misalnya:

  • Pakaian dan aksesoris yang Anda kenakan
  • Raut wajah dan senyum Anda
  • Bagaimana Anda membuka pembicaraan dan memperkenalkan diri
  • Attitude Anda, misal datang terlambat

Dengan memerhatikan faktor-faktor penentu kesan pertama di atas dan secara sungguh-sungguh menerapkannya, saya yakin Anda akan menjadi pribadi yang semakin menarik. Tidak hanya menarik di mata calon mitra bisnis, tetapi juga menarik bagi calon klien, calon atasan, atau bahkan calon pasangan hidup.

Saat Anda merasa konten ini bermanfaat silahkan like dan share ke teman dan keluarga yang Anda rasa akan mendapat manfaat dari video / konten ini.

Untuk mendapat tips – tips seputar presentasi dan komunikasi secara rutin baik di youtube ataupun di email Anda, silahkan subscribe di blog. Untuk subscribe tinggal isikan saja nama dan alamat email pada kolom di bawah ini.

Follow

About the Author

Halo, Saya David Pranata seorang speaker, trainer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan mampu berkomunikasi dan berpresentasi dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa memiliki pengaruh lebih, stand out of the crowd dan disukai oleh teman, boss, keluarga dan (bahkan) mertua.