Ep #3 Tips Presentasi Paling Jitu

By David Pranata | Tips Presentasi

Aug 20

Sering saya mendapat pertanyaan “Pak, apakah tips presentasi yang paling mantap, yang paling jitu? Yang ketika dipraktekkan bisa buat presentasi saya lebih menawan, lebih PD dan tidak grogi lagi” Penasaran jawabannya.. simak episode berikut

Shownotes Episode #3

Tips presentasi paling jitu tersebut tidak lain adalah… latihan, latihan dan latihan.

Begitu pentingnya tips ini sampai-sampai saya harus mengulanginya tiga kali.

Mungkin Anda kecewa setelah mengetahui jawabannya dan merasa sudah tahu. Ngomong-ngomong, betul Anda sudah tahu? Dan kalau sudah tahu, apakah betul sudah menerapkannya?

Mengetahui dan benar – benar menerapkan / mempraktekkan adalah dua hal yang berbeda.

Dulu saat masih menjadi dosen, saya sering memberi tugas ke mahasiswa untuk melakukan presentasi. Saat papernya selesai, 2 minggu lagi mereka akan presentasi di depan kelas.

Dengan waktu 2 minggu, coba tebak kira-kira kapan slide dan materi presentasi selesai dibuat? Kira-kira H minus berapa? Sudah pasti H-1! Bahkan seringkali H nya itu bukan hari tapi hour (malah ada yang baru selesai persis sebelum maju).

Mempersiapkan presentasi model dadakan seperti itu membuat mereka tidak ada waktu untuk latihan. Tidak ada waktu untuk membiasakan diri dengan isi presentasi dan mengetahui alurnya. Dengan cara seperti mustahil untuk bisa menyampaikan presentasi dengan sukses.

Inspirasi Role Model untuk Latihan

Dalam hal latihan ini, ada role model yang cocok kita tiru yaitu seorang atlit.

Mayoritas atlit menghabiskan 90% waktunya untuk berlatih dan hanya 10% untuk pertandingan nyata

Berikut juga adalah cerita pengalaman pribadi saya. Begini-begini saya dulu adalah seorang atlet. Atlet wushu, beladiri sejenis kungfu.

Kami latihan seminggu tiga kali. Setiap kali latihan lamanya sampai 2.5 jam. Kami berlatih keras untuk menghadapi pertandingan. Pertandingannya sendiri dilaksanakan 6 bulan sekali. Dan setiap kali tampil waktunya hanya 90 detik!

Itulah atlet, porsi latihannya jauh lebih banyak dari bertandingnya.

Selain itu dalam hal presentasi, saya belajar banyak dari klub Toastmasters, klub yang melatih anggotanya menjadi komunikator yang unggul. Dulu setiap akan tampil presentasi dengan durasi sekitar 5 menit, saya paling tidak mesti berlatih berulang-ulang sampai setidaknya 10 kali.

Saya harap kisah ini bisa menginspirasi Anda. Menginspirasi Anda untuk selalu ingat tentang pentingnya latihan. Bahkan saking pentingnya, saya mesti mengulang kata ini tiga kali: latihan, latihan dan latihan.

Itulah tips presentasi yang paling jitu yang bisa saya bagikan.

Saat Anda merasa konten ini bermanfaat silahkan like dan share ke teman dan keluarga yang Anda rasa akan mendapat manfaat dari video / konten ini.

Untuk mendapat tips – tips seputar presentasi dan komunikasi secara rutin baik di youtube ataupun di email Anda, silahkan subscribe di blog (plus ada bonus ebook From Panic to Power special untuk Anda). Untuk subscribe tinggal isikan saja nama dan alamat email pada kolom di bawah ini.

Follow

About the Author

Halo, Saya David Pranata seorang speaker, trainer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan mampu berkomunikasi dan berpresentasi dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa memiliki pengaruh lebih, stand out of the crowd dan disukai oleh teman, boss, keluarga dan (bahkan) mertua.