Ep #5 Cara Menjelaskan Sesuatu dengan “To the Point”

By David Pranata | Tips Presentasi

Sep 03

Pernahkah Anda kebingungan ketika harus menjelaskan sesuatu? Anda tahu point yang ingin disampaikan, akan tetapi bingung bagaimana cara menjelaskan atau menjabarkan. Jika itu yang Anda alami, simak episode berikut ini.

Shownotes Episode #5

Metode yang akan kita gunakan kali ini disebut sebagai Metode PREP atau kepanjangannya adalah Point Reason Example Point. Wah.. seperti apa ini penggunaannya? Mari kita simak pembahasan berikut.

Nantinya dalam menjelaskan atau menjawab pertanyaan anda akan mengikuti struktur PREP tersebut yaitu:

  • Point: Sebutkan poin yang hendak Anda sampaikan
  • Reason: Berikan sebab / alasan mengapa Anda menyampaikan poin tersebut
  • Example: Berikan contoh, aplikasi nyata atau cerita yang mendukung poin yang anda sampaikan
  • Point: Sebutkan kembali poin yang sudah Anda sampaikan

Berikut adalah contoh – contoh situasi di mana Anda bisa menggunakan metode PREP untuk menjelaskan sesuatu:

  • Saat harus menjelaskan poin dalam sebuah presentasi
  • Saat menghadapi sesi tanya jawab
  • Saat menghadapi sebuah sesi interview

Contoh penggunaan Metode PREP

Sebagai contoh, mari kita menjawab sebuah pertanyaan interview kerja dengan teknik PREP. Ini dia pertanyaannya:

“Apa alasan Anda melamar kerja di tempat ini?”

Berikut adalah contoh jawaban Anda dengan menggunakan metode PREP:

  • Point: Saya melamar kerja di sini karena paket renumerasi (baca: gaji) yang perusahaan Bapak tawarkan menarik
  • Reason: Dengan paket renumerasi yang menarik maka saya bisa lebih fokus bekerja, berkarir dan memberikan value untuk perusahaan
  • Example: Saya punya teman satu kost yang bekerja di sebuah perusahaan. Dia mendapat paket renumerasi yang menarik sehingga ketika bekerja dia bisa benar – benar fokus, tidak melulu kuatir bulan ini bagaimana cara bayar kost atau bagaimana harus makan. Karena fokus dia bisa berbuat yang terbaik untuk karir dan juga perusahaan tempat dia bekerja.
  • Point: Itulah alasan saya melamar bekerja di perusahaan Bapak, karena paket renumerasi yang menarik yang ditawarkan

Nah, saya yakin Anda bisa menyusun poin, alasan dan contoh yang lebih baik dibanding ilustrasi di atas. Di sini Metode PREP semata berfungsi sebagai kerangka sehingga Anda mampu menjelaskan atau menjabarkan poin yang Anda miliki.

Silahkan dipraktekkan untuk presentasi atau sesi tanya jawab yang Anda hadapi. Dengan menerapkan metode ini maka penjelasan Anda akan bisa “to the point” dan tidak lagi berbelit-beli.

Saat Anda merasa konten ini bermanfaat silahkan like dan share ke teman dan keluarga yang Anda rasa akan mendapat manfaat dari video / konten ini.

Untuk mendapat tips – tips seputar presentasi dan komunikasi secara rutin baik di youtube ataupun di email Anda, silahkan subscribe di blog (plus ada bonus ebook From Panic to Power special untuk Anda). Untuk subscribe tinggal isikan saja nama dan alamat email pada kolom di bawah ini.

Follow

About the Author

Halo, Saya David Pranata seorang speaker, trainer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan mampu berkomunikasi dan berpresentasi dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa memiliki pengaruh lebih, stand out of the crowd dan disukai oleh teman, boss, keluarga dan (bahkan) mertua.