Ep #7 Gadget untuk Presentasi yang Anda Butuhkan

By David Pranata | Tips Presentasi

Sep 17

Presentasi ternyata tidak lepas juga dari sentuhan teknologi dalam bentuk gadget. Nah, gadget apa yang sekiranya Anda butuhkan untuk presentasi? Mengapa Anda juga membutuhkannya? Dan apa rekomendasi saya? Simak episode ini.

Shownotes Episode #7

Ketika Anda presentasi ada satu gadget yang Anda butuhkan dan sangat saya rekomendasikan untuk Anda gunakan. Apa itu? Tidak lain adalah wireless remote presenter atau sering juga disebut dengan pointer atau clicker.

Mengapa Anda membutuhkannya?

Banyak orang yang merasa tidak perlu menggunakanya. Selain karena harganya yang lumayan, mereka beralasan bahwa memakai clicker ini justru merepotkan. Sementara di tangan kiri harus memegang mic, tangan kanan harus memegang clicker.

Di samping itu, mereka juga berdalih bahwa fungsi clicker ini tidaklah terlalu penting. Cuma memindah-mindah tampilan slide belaka. Untuk tugas ini kan bisa dilakukan sendiri secara manual atau bisa meminta bantuan seorang teman atau asisten.

Tapi coba perhatikan, apa yang terjadi jika Anda tidak pakai clicker:

  • Anda akan mondar-mandir kesana kemari hanya untuk menekan tombol ‘next’. Anda jadi capek, audiens juga capek karena menunggu.
  • Atau Anda meminta satu orang untuk duduk diam dan pencet-pencet tombol ‘maju’ atau ‘mundur’. Ini patut disayangkan, karena sebetulnya orang ini bisa melakukan hal lain yang lebih produktif. Ditambah lagi, dengan meminta bantuan orang begini dari mulut Anda akan muncul filler wordnext… next” yang belum tentu pas dengan slide Anda.

Oleh karena itu saya sarankan terutama kepada Anda yang sering presentasi (seperti guru, dosen, sales atau pembicara) berinvestasilah sedikit untuk membeli clicker ini.

Lalu apa tipe clicker yang saya rekomendasikan?

Ada beberapa tipe clicker.

Yang paling murah berbentuk seperti bolpen dengan harga sekitar Rp 100.000 atau kurang. Clicker tipe ini hanya punya tombol next dan previous serta laser pointer. Saya tidak merekomendasikan ini karena ada satu tombol penting yang tidak ada. yaitu tombol fade to black alias mematikan sementara.

Cari tipe yang mempunyai dua tombol ekstra yaitu slide show (F5) dan fade to black (B). Tombol fade to black ini penting karena sesekali Anda perlu mematikan layar slide, misal ketika Anda menyampaikan cerita atau hal-hal lain yang menuntut perhatian penuh dari audiens. Contoh: clicker saya yang lama merk Targus.

Saking seringnya saya pakai, clicker ini sampai lepas tombol next-nya dan harus saya plester. Akibatnya tombol ini jadi susah ditekan. Malah saya sampai habis dua buah clicker merk ini.

Sekarang saya sendiri memakai clicker merk Logitech R400 (harga sekitar Rp. 400.000). Clicker yang satu ini sudah cukup bagus. Tombol yang dibutuhkan komplit dan memakainya juga enak.

Kelemahannya adalah jangkauan maksimalnya 15m, jadi ketika harus di tampil di stage besar jangkauannya tidak sampai. Untungnya kebanyakan kelas-kelas training saya masih dalam range 15m ini.

Ada juga merk Logitech R800. Tipe ini ada fitur timer yang bisa bergetar begitu waktu sudah habis. Jangkauannya bisa dua kali lipat atau mencapai 30m. Tapi harganya juga dua kali lipat atau sekitar Rp 900.000. Jika menurut Anda itu sesuai dengan budget Anda, bisa Anda pilih yang satu ini.

Tapi Anda perlu berhati-hati jika kebetulan mendapati barang tipe tersebut dengan harga yang jauh lebih murah dari yang saya sebutkan diatas. Bisa jadi itu barang tiruan atau KW. Saya pernah cek kualitasnya tidak baik. Pegangannya lengket – lengket dan tombolnya agak susah dipencet.

Baru-baru ini Logitech juga meluncurkan produk baru yaitu Logitech Spotlight dengan harga sekitar Rp. 1,2 juta. Untuk tipe ini, saya sendiri belum mencoba akan tetapi banyak fitur dan konsep baru yang disematkan dalam produk ini. Anda bisa cek juga video review-nya di link berikut.

Itulah informasi yang bisa saya bagikan tentang clicker presentasi yang bisa Anda gunakan. Pilihlah mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pesan paling penting dari saya adalah tetap pakailah clicker. Ini adalah alat bantu yang akan membuat presentasi Anda lebih efektif.

Follow

About the Author

Halo, Saya David Pranata seorang speaker, trainer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan mampu berkomunikasi dan berpresentasi dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa memiliki pengaruh lebih, stand out of the crowd dan disukai oleh teman, boss, keluarga dan (bahkan) mertua.