Ep #8 Apa Itu Komunikasi Asertif?

By David Pranata | Tips Komunikasi

Oct 17

Apakah Anda pernah berkata “Ya” padahal dalam hati ingin berkata “Tidak”? Apakah Anda merasa bahwa orang lain tidak pernah mendengarkan? kalaupun mendengarkan akhirnya mereka juga tidak melakukan apa yang Anda katakan.

Jikalau itu yang Anda alami, maka Anda perlu bersikap lebih asertif. Nah, tapi apa sebenarnya definisi dari asertif? Yuk kita simak pencerahan (dan juga ceritanya) dalam episode berikut ini.

Shownotes Episode #8

Definisi Asertif

Jikalau diartikan secara kata perkata (baca: lihat di kamus) maka arti kata asertif adalah tegas. Akan tetapi definisinya sendiri lebih dari itu, berikut adalah definisi lengkapnya.

Asertif adalah mampu mengungkapkan / mengkespresikan apa yang menjadi kebutuhan, keinginan dan perasaan Anda tanpa merusak relasi dengan orang lain

Dengan pengaruh budaya dan kecenderungan yang ada, banyak orang memilih untuk tidak menjadi asertif melainkan lebih bersikap pasif.

Menjadi pasif berarti Anda merasa lebih baik diam (istilah Jawanya nrimo), walaupun mestinya ada yang harus disampaikan. Anda merasa lebih baik tidak usah bicara. Lagi pula kalaupun bicara belum tentu akan didengarkan dan diterima.

Untuk pemahaman yang lebih jelas tentang definisi asertif, pastikan Anda menonton video yang ada di atas. Saya menyampaikan sebuah cerita sederhana pengalaman pribadi saya untuk menggambarkan apa itu asertif. Ceritanya sendiri saya beri judul “Kisah 2 Potong Buncis”

Apakah Kita Harus Setiap Saat & Kondisi Bersikap Asertif?

Jawaban singkatnya adalah “Tidak”.

Menjadi asertif juga akan memunculkan potensi konflik. Anda tidak pernah sepenuhnya bisa mengendalikan respon lawan bicara Anda. Jikalau tiap saat Anda bersikap asertif, maka bisa jadi Anda akan capek.

Pertimbangkan dahulu resiko, situasi dan kondisinya terlebih dahulu. Selain itu bersikaplah asertif untuk hal – hal yang Anda anggap penting dalam hidup. Things that matter most. 

Saat Anda merasa konten ini bermanfaat silahkan like dan share ke teman dan keluarga yang Anda rasa akan mendapat manfaat dari video / konten ini.

Untuk mendapat tips – tips seputar presentasi dan komunikasi secara rutin baik di youtube ataupun di email Anda, silahkan subscribe di blog (plus ada bonus e-course 21 Hari Menjadi Pribadi Menarik & Disukai Orang untuk Anda). Untuk subscribe tinggal isikan saja nama dan alamat email pada kolom di bawah ini.

Follow

About the Author

Halo, Saya David Pranata seorang speaker, trainer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan mampu berkomunikasi dan berpresentasi dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa memiliki pengaruh lebih, stand out of the crowd dan disukai oleh teman, boss, keluarga dan (bahkan) mertua.