10

4 Buku Public Speaking yang Wajib Anda Baca Sebelum Presentasi Anda Berikutnya

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan dengan biaya yang relatif ramah di kantong adalah dengan membaca buku. Hanya saja dari sekian banyak buku tentang public speaking / presentation skill, mana yang kiranya bisa langsung melejitkan kemampuan anda dengan pesat?

book

Saya sudah membaca puluhan buku-buku tentang public speaking. Semuanya bisa memberikan inspirasi dan pengalaman baru tentang presentasi.

Akan tetapi jika saya hanya boleh memilih 4 buku saja, maka inilah dia pilihan saya:

P.S: proses memilih 4 buku ini sangat-sangat menguras emosi. Jikalau dianalogikan seperti sekian banyak teman berdiri di hadapan saya dan saya hanya boleh memilih 4 saja dari mereka untuk bisa bertahan hidup 🙂

1) The Presentation Secrets of Steve Jobs

oleh: Carmine Gallo

Steve Jobs2

Ini adalah buku tentang dasar-dasar presentation skill yang wajib anda baca. Buku ini cukup komprehensif dalam membahas tentang skill-skill yang wajib anda kuasai dalam berpresentasi. Mulai dari menciptakan konten, menggunakan alat bantu visual sampai cara penyampaian.

Si pengarang juga dengan brilian menggunakan kerangka dan contoh-contoh dari presentasi Steve Jobs (yang memang dikenal karena keahlian presentasinya) untuk memaparkan poin-poin yang harus dia sampaikan.

Berita baiknya adalah buku ini sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia dan bisa anda dapatkan di toko buku yang ada di sekitar anda.

2) Presentation Zen

oleh: Garr Reynolds

Prez Zen

Ini adalah buku yang secara spesifik membahas tentang bagaimana merancang slide presentasi yang simpel dan memiliki kekuatan visual. Garr Reynolds adalah salah seorang pionir yang memulai revolusi slide presentasi, karyanya ini banyak sekali mengilhami presenter-presenter lain. Buku ini pulalah yang menginspirasi saya untuk memulai training presentasi saya yang pertama.

Kekuatan dari buku ini adalah anda akan banyak sekali melihat sentuhan seni yang benar-benar menjadikan slide presentasi sebagai sebuah media yang sedap dipandang. Banyak juga diberikan contoh-contoh slide yang bisa membuat anda takjub memandangnya

Hanya saja, sampai sekarang saya masih belum melihat terjemahan buku ini ada di toko buku di Indonesia.

3) Confessions of a Public Speaker

oleh: Scott Berkun

Confessions

Ini adalah buku tentang public speaking yang ditulis secara menarik dan menghibur oleh pengarangnya. Scott Berkun menggunakan pendekatan storytelling dan humor dalam menyampaikan pengalaman, tips dan teknik presentasinya.

Peringatan: Jangan membaca buku ini di tempat umum, bisa-bisa anda dilihat orang lain dengan pandangan heran karena tertawa terbahak-bahak sendiri sambil membaca buku.
Jika saya harus memilih favorit no 1, maka buku inilah yang akan saya pilih. Hanya saja sayang sekali, saya juga masih belum melihat terjemahan buku ini dalam bahasa Indonesia.

4) World Class Speaking

oleh: Craig Valentine & Mitch Meyerson

WCS

Ini adalah buku yang ditulis oleh pembicara favorit saya Craig Valentine. Buku ini akan mengajarkan teknik public speaking yang cukup advanced. Anda akan belajar sistematika sebuah presentasi secara detil dan cara menggunakan storytelling dalam sebuah presentasi.

Buku ini tidak hanya membahas tentang teknik presentasi saja, akan tetapi juga tentang aspek bisnisnya yaitu bagaimana cara memarketkan diri anda sebagai seorang pembicara. Dilengkapi dengan banyak contoh-contoh nyata, buku ini akan sangat mudah anda pelajari dan terapkan.

Buku ini juga jarang sekali tersedia, dulu waktu membelinya saya bela-belain beli langsung dari Amazon (yang ongkos kirim dan harga bukunya hampir sama 🙁 )

Jadi itu tadi empat buku tentang public speaking yang menjadi favorit saya, sengaja juga saya pilihkan sehingga skill-skill yang anda pelajari dari 4 buku tersebut tidak akan saling overlap satu dengan yang lain. Perlengkapi diri anda dengan pengetahuan yang ada di buku-buku di atas, maka niscaya anda akan bisa menjadi The Next Presentation God

P.S: Ada tambahan satu buku public speaking yang akan sangat saya rekomendasikan ke anda 🙂 Buku ini judulnya adalah “Speak with Power”. Karya siapa ya buku itu? Mana penjelasan lebih lengkapnya? Haha.. untuk informasi lebih lanjut, silahkan diklik saja link berikut ini. 
Sharing is Caring

Dapatkan Update Terbaru!

Bergabunglah dengan lebih dari 8,000 subscriber lainnya dan dapatkan notifikasi langsung di email Anda tiap ada update terbaru dari blog ini. Plus anda juga akan mendapatkan konten eksklusif "21 Hari Menjadi Pribadi Menarik dan Disukai Orang"

David Pranata
 

Halo, Saya David Pranata seorang speaker, trainer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan mampu berkomunikasi dan berpresentasi dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa memiliki pengaruh lebih, stand out of the crowd dan disukai oleh teman, boss, keluarga dan (bahkan) mertua.

  • Rekomendasi yang berguna. Thanks!

  • Sepertinya menarik, thank you pak david ^_^

    • Selamat berburu bukunya dan membaca kalau begitu 🙂

  • Guntur Perdana.T

    buku yang pertama jadi sasaran untuk dibeli pak david.apalagi penulis nya menuangkan ide2nya steve jobs yang terkenal itu,dan tidak lupa juga saya menantikan peluncuran KARYA anda pak david.

    • Selamat beburu bukunya Pak Guntur.
      Okay Pak, nanti pasti saya update2 jika buku saya sudah mau keluar, thank you

  • Hendra Chen

    Hi Pak David, baru menemukan 2 buku dari 4 buku tersebut di atas via aplikasi Scribd, yaitu buku “Presentation Secrets of Steve Jobs” dan “World Class Public Speaking”. Banyak hal yang saya dapatkan dari 2 buku ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum.

    2 buku lain lagi dalam pencarian. 😀

    Thx Pak David.

    • Wah.. ternyata Pak Hendra pakai Scribd 🙂
      Teman saya juga ada yang cerita dia pakai Scribd berhasil dapat yang world class speaking, padahal itu buku yang paling susah carinya.

      Okay Pak Hendra selamat berburu, dan semoga ketangkap buruannya

  • Namin AB Ibnu Solihin

    Wah perlu segera berbru nih, Terimkasih Pak David atas Buku Rekomendasi dan artikel-artikelnya yang keren…

    • Sama-sama Pak Namin, saya ucapkan selamat berburu 🙂
      Semoga segera ketangkep buruannya.