4

7 Buku Komunikasi yang Wajib Anda Baca Supaya Lebih Percaya Diri dan Disukai Orang Lain

Ingin tampil lebih percaya diri, disukai orang lain sekaligus tidak canggung di tiap pembicaraan? Perlengkapi diri anda dengan buku-buku komunikasi yang ada berikut ini.

buku-komunikasi

Berikut adalah buku-buku seputar komunikasi yang sudah saya baca dan secara pribadi saya rekomendasikan ke anda. Seperti biasa, proses memilih ini benar-benar memakan energi, dari sekian banyak buku yang ada (yang bagi saya bagus-bagus) manakah buku terbaik yang harus saya pilih?

Dan karena topik komunikasi sendiri masih cukup luas, akhirnya saya pilih masing-masing satu buku rekomendasi untuk satu tiap sub-topik / kategori ilmu komunikasi. Jadi ini dia daftarnya:

1. How to Win Friends and Influence People

oleh: Dale Carnegie. Kategori: Komunikasi umum

how to win friends

Ini adalah buku yang menurut saya wajib hukumnya untuk anda baca. Di buku ini anda akan belajar prinsip – prinsip dasar komunikasi yang bisa anda terapkan baik untuk karir maupun kehidupan pribadi anda.

Prinsip – prinsip yang anda pelajari di buku ini tidak akan pernah usang karena jaman. Pelajari dan dapatkan inspirasi seperti cara mendengar, menganggap orang penting, beri pujian dan lain-lain.

Anda bisa menemukan buku ini dengan mudah di toko buku yang ada di sekitar anda, versi Indonesianya juga sudah tersedia dengan judul “Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain”

2. Influence: The Psychology of Persuasion

oleh: Robert B. Cialdini. Kategori: Persuasi

Influence

Inilah buku yang ketika pertama kali saya baca benar-benar membuat saya sampai terkagum – kagum. Buku ini membahas tentang fenomena psikologi persuasi: bagaimana meyakinkan orang lain dengan menggunakan senjata – senjata persuasi (weapons of influence) yang ada.

Jika anda ingin tahu lebih banyak tentang hal ini, silahkan cek saja artikel saya yang berikut ini. Di sana saya ada membahas tentang fenomena psikologi persuasi secara lebih detil.

Buku ini walaupun di luar negeri termasuk salah satu buku wajib (bahkan juga diajarkan di perkuliahan), akan tetapi di Indonesia tidak terlalu populer. Dulu pernah diterbitkan versi Indonesianya dengan judul “Merekayasa Kepatuhan”, akan tetapi sekarang sudah susah sekali didapatkan. Untuk link Amazon-nya bisa dicek di link berikut.

3. Secret of Power Negotiating

oleh: Roger Dawson. Kategori: Negosiasi
power-negotiating

Inilah buku negosiasi yang paling praktis dan simpel yang pernah saya temukan. Setelah membaca buku ini anda merasa bahwa ternyata bernegosiasi itu bukanlah hal yang susah untuk dilakukan, Anda hanya perlu mengikuti langkah demi langkahnya.

Anda juga tidak perlu menjadi juru runding PBB atau perusahaan besar untuk menerapkan tips yang ada di buku ini. Anda bisa langsung menggunakannya untuk menawar barang di pasar atau pedagang keliling di depan rumah anda.

Buku ini sudah tersedia versi Indonesia dan bisa anda dapatkan dengan mudah di toko buku yang ada di dekat anda. Anda juga bisa menjadikan link ini sebagai salah satu referensi.

4. Just Listen

oleh: Mark Goulston. Kategori: Komunikasi Interpersonal

just-listen
Ingin lebih mengerti orang lain? Ingin tahu cara-cara menghadapi situasi-situasi sulit dalam komunikasi? Maka inilah buku yang wajib anda baca.

Anda akan belajar mulai dari cara-cara mengendalikan diri, cara berempati dan connect dengan orang lain. Jadi untuk meningkatkan relasi anda dengan orang lain, maka tanpa ragu buku inilah yang akan saya sarankan.

Sayangnya sepengetahuan saya buku ini tidak saya temui terjemahaannya di dalam bahasa Indonesia. Nah.. jika anda ingin lihat-lihat di Amazon, ini dia linknya.

5. Selling Easily and Smartly

oleh: Hingdranata Nikolay. Kategory: Selling

selling-easily
Ini adalah satu buku tentang penjualan yang paling komplit dan detil yang pernah saya temui. Ditulis oleh salah seorang pioneer NLP di Indonesia, anda akan belajar bagaimana menjual yang disertai dengan pendekatan NLP.

Jadi jika anda ingin menjual lebih banyak dan lebih sering, maka inilah buku yang juga harus berada di koleksi perpustakaan pribadi anda.

Haha.. walaupun judulnya dalam bahasa Inggris, tapi ini adalah buku yang memang aslinya berbahasa Indonesia. Silahkan anda dapatkan di toko buku terdekat, atau bisa juga kunjungi link berikut ini.

6. Never Eat Alone

oleh: Keith Ferrazzi. Kategori: Networking

never-eat-alone
Ingin belajar bernetworking, berkenalan dengan orang baru dan akhirnya menjadikannya sebagai customer atau rekan kerja? Nah.. jika itu yang anda cari, maka anda bisa memperlengkapi diri dengan buku yang satu ini.

Dan tenang saja.. buku ini ada versi Indonesianya kok… anda bisa mencek lebih detil tentang isi buku ini di link berikut ini.

7. What Every Body is Saying

oleh: Joe Navarro. Kategory: Non Verbal Communication

what-every-body
Buku ini ditulis oleh seorang ex-member dari FBI yang dulunya bertugas untuk menginterogasi kriminal. Nah, dalam tugasnya ini dia musti jeli dan benar-benar belajar untuk membaca bahasa tubuh. Skill itulah (membaca dan menginterpretasikan bahasa tubuh) itulah yang akan anda dapatkan dari buku ini.

Pertama membaca buku ini saya benar-benar takjub karena ternyata tubuh kita mengkomunikasikan sesuatu dan mayoritas dari kita tidak pernah belajar bagaimana untuk menginterprestasikannya. Ketika anda mengetahuinya, maka anda akan bisa membaca apa yang sebenarnya dirasakan atau dipikirkan oleh lawan bicara anda.

Buku ini sebenarnya ada diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, hanya saja dirubah judulnya (dan saya tidak ingat lagi apa judulnya 🙂 ). Jadi ini saya berikan link Amazonnya saja ya.

Sekarang Gilran Anda

Selain buku-buku di atas, buku apa lagi yang bisa anda rekomendasikan untuk pembaca yang lain? Silahkan sharingkan jawaban anda di kolom komentar yang ada di bawah

Sharing is Caring
David Pranata
 

Halo, Saya David Pranata seorang speaker, trainer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan mampu berkomunikasi dan berpresentasi dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa memiliki pengaruh lebih, stand out of the crowd dan disukai oleh teman, boss, keluarga dan (bahkan) mertua.

  • Terimakasih Pak David atas info bukunya

  • Arif Setiawan

    yah walau belum mampu membeli, terimakasih atas rekomendasinya.. Semoga bermanfaat. 🙂

  • Arif Setiawan

    walau belum mampu beli, alhamdulilah dpet rekomendasi buku keren.. mlipir cari link

  • abdillah

    Pak david, dtunggu resensi dr ke 7 bukunya ya.. Tinggal 5 lgi yg blm hhe.. Keep up the Great content