About

david-aboutHalo, perkenalkan nama saya David Pranata!

Ketika orang bertanya apa pekerjaan saya, maka saya akan langsung menjawab “Saya adalah trainer dan penulis” (yang biasanya orang langsung menyangka bahwa saya adalah seorang motivator atau personal trainer di gym).

Loo kalo bukan motivator (atau trainer di gym), lalu trainer seperti apa yang dimaksud?

Hmm… begini saya adalah trainer di topik komunikasi dan presentasi, yang artinya saya membantu orang:

  • yang biasanya grogi atau pucat pasi setiap kali harus presentasi
  • yang jika presentasi bingung bagaimana cara menyusun konten atau membuat slide
  • yang bingung bagaimana cara memulai pembicaraan
  • yang tidak tahu bagaimana cara menjual sesuatu atau bernegosiasi

Nah.. saya membantu mereka untuk bisa tampil lebih percaya diri karena telah mengetahui dengan pasti bagaimana tips, trik dan teknik melakukannya. Tujuan akhirnya adalah supaya mereka bisa:

  • memiliki pengaruh lebih & stand out of crowd
  • lebih sukses dalam karir maupun hidup sehari-hari
  • disukai oleh teman, boss, keluarga dan (bahkan) ibu mertua

Jadi itulah kurang lebih pekerjaan saya (panjang juga ya penjelasannya). Selain sebagai trainer dan penulis, saja juga mengajar sebagai dosen paruh waktu di Universitas Ciputra Surabaya.

Berkaitan dengan presentasi atau komunikasi inilah beberapa hal yang pernah saya lakukan..

  • Menjadi 2nd runner up di evaluation dan international speech contest tahun 2012 di District 87 Toastmasters International (ini adalah kontes public speaking level 3 negara: Indonesia, Malaysia dan Brunei)
  • Menjadi koordinator training di District 87 Toastmasters International (periode 2012 – 2013) dan memberikan training presentasi dan kepemimpinan untuk Toastmasters club yang bernaung di Indonesia, Malaysia dan Brunei
  • Memberikan pelatihan presentasi dan komunikasi di institusi pendidikan, instansi pemerintahan dan perusahaan, beberapa di antaranya adalah Accurate Accounting Software, Club Mineral Water, Adidas, Kanwil Pajak dan Kantor Imigrasi.
  • Mendirikan PresentasiEfektif.com, sebuah website untuk pembelajaran presentasi secara online
  • Menulis buku “Speak with Power” yang telah diterbitkan oleh Elex Media pada bulan Juli 2015

Sedikit Cerita Tentang Diri Saya

Saya adalah lulusan dari Teknik Industri, UK Petra Surabaya. Jika Anda sudah membaca profil singkat di atas pastilah sekarang Anda bingung dan bertanya “Kok nggak nyambung ya.. dengan apa yang dikerjakan sekarang?”  Yah, memang begitulah kenyataannya 🙂

Setelah lulus, saya sempat bekerja di perusahaan manufacturing selama kurang lebih 7 tahun. Sampai suatu saat saya bergabung di Toastmasters, sebuah organisasi non profit dalam bidang public speaking dan kepemimpinan. Di sanalah saya belajar banyak tentang ilmu komunikasi & presentasi sampai akhirnya benar-benar jatuh hati pada dua hal tersebut.

Suatu hari pun saya berpikir “Jika memang dua hal tersebut adalah sesuatu yang saya sukai, mengapa tidak saya jadikan profesi?” dan akhirnya sayapun memulai menjadi guru ekstrakurikuler public speaking di SMP & SMA. Satu tahun lebih saya menjalaninya, kemudian meningkat mulai mengajar sebagai dosen sampai akhirnya sekarang saya bisa menjadi seorang trainer / pembicara dan memberikan pelatihan di institusi pendidikan, instansi pemerintah dan perusahaan.

Pada Bulan Desember 2011, saya menikah dengan istri saya yang tercinta Rosalyn Niken Tantono. Sekarang kami sudah dikarunia seorang putri yang cantik, Gwen. Ini dia foto keluarga kecil kami yang tercinta 🙂

Saya, Gwen (putri kami) dan Niken (istri saya)

Ketika saya tidak sedang mengajar, memberikan training atau membuat konten untuk website, maka Anda akan menemukan saya sedang mengajak jalan-jalan Gwen atau sedang asyik membaca buku.

Plus beberapa hal unik yang mungkin tidak anda sangka atau anda ketahui tentang diri saya adalah:

  1. Saya lahir dan besar di Kudus, Jawa Tengah (dan senang banget makan soto, pindang ayam, lentog, nasi tahu.. dan masih banyak lagi makanan enak khas Kudus)
  2. Saya adalah pecinta musik metal (dengan band favorit Avantasia, Rhapsody, Nightwish.. haha pasti nggak pernah dengar namanya kan?
  3. Saya adalah pecinta kopi (tapi sama sekali tidak ahli kopi, diminta membedakan arabika dan robusta saja nggak akan bisa)
  4. Saya dulu (dan sampai sekarang) adalah penggemar film anak-anak Satria Baja Hitam
  5. Saya dulu adalah atlit wushu (haha.. yang jago bermain pedang dan tombak)

Jika anda ingin tahu lebih komplit dan detil seputar hal-hal di atas, bisa simak artikel blog saya yang ini deh.

Artikel Populer Saya

Jikalau ini adalah pertama kali anda mengunjungi blog saya, maka anda bisa memulai dengan mengunjungi beberapa artikel populer saya.

My Contact Information

Anda bisa menghubungi saya melalui berbagai macam media berikut ini: