Behind the Scene dari Blog david-pranata.com - David Pranata

Behind the Scene dari Blog david-pranata.com

By David Pranata | Lain-lain

Jan 22

Selama ini anda mungkin termasuk salah satu pembaca rutin dari blog ini, tapi pernahkah anda terpikir proses apa yang ada di baliknya? Temukan proses behind the scene beserta tips-tips blogging berikut.

di-belakang-layar

Sejarah dari blog ini

Masa-masa kegelapan ( July 2012  – Nov 2013)

Artikel pertama saya tertanggal 5 July 2012 dengan judul artikel “Mengapa Kita Merasa Takut Berpresentasi” (ternyata sudah lama juga ya). Waktu itu saya blogging hanya sekedar untuk iseng-iseng ingin mencoba saja, jadi hasilnya sama sekali tidak maksimal.

Jarak antara satu artikel dengan artikel berikutnya bisa 1 bulan, 2 bulan bahkan sampai 4 bulan. Jadi bisa dibayangkan kalau website saya waktu itu lebih sepi dari kuburan yang paling sepi.

Jumlah subscribernya pun hanya belasan orang, itu sudah termasuk email saya sendiri dan email istri saya (yang saya inputkan sendiri tanpa persetujuan dia). Sisanya adalah murid-murid kuliah saya yang mungkin tergerak oleh rasa belas kasihan, akhirnya merelakan diri mereka untuk subscribe.

Era PresentasiEfektif.com (Nov 2013 – Sept 2014)

Ini adalah masa dimana saya membangun PresentasiEfektif.com, yang merupakan website untuk pembelajaran presentasi secara online. Di periode ini saya mulai lebih rajin untuk menulis, sekitar 1 – 2 minggu sekali saya rutin memposting artikel baru.

Website untuk blogging pun saya pindah ke PresentasiEfektif.com, tidak lagi di david-pranata.com. Artikel pertama saya di platform baru ini adalah “7 Langkah Memukau Audiens dengan Presentasi Anda”. Artikel-artikel yang saya tulis waktu itu hanya spesifik di topik presentasi / public speaking saja.

Era baru di david-pranata.com (Sept 2014 – sekarang)

Setelah sekian lama menulis di PresentasiEfektif.com, saya merasa bahwa saya juga ingin menulis dan berbagi di topik-topik selain presentasi (terutama tentang komunikasi, inspirasi atau sekedar sharing saja). Dengan nama platform PresentasiEfektif.com, rasanya kok tidak memungkinkan melakukan hal itu.

Oleh karena itu saya bangun ulang website saya david-pranata.com. Dilengkapi dengan wordpress theme dan desain baru akhirnya Sept 2014, website ini saya relaunch. Artikel pertama waktu itu adalah “How to Have More Interesting Life Story”.

Plus satu hal lagi yang baru adalah komitmen baru, saya berkomitmen untuk menulis 2 kali seminggu (terbit setiap hari selasa dan jumat). Syukurlah sampai sekarang ini hampir tidak pernah bolong 🙂

Mengapa saya blogging?

Nah.. ini mungkin pertanyaan yang ingin anda ketahui jawabannya. “Iya Pak… padahal kalau blogging kan bapak tidak dibayar sama sekali?”

Bagi saya yang seorang speaker dan trainer, blogging adalah salah satu alat marketing. Ini adalah sebuah metode yang disebut content marketing. Tujuannya adalah kita membagikan konten gratis dan berkualitas supaya orang lebih mengenal dan mampu menjalin relasi.

Suatu saat jika orang ingin belajar lebih mendalam, mereka bisa berinvestasi di produk ataupun pertemuan tatap muka. Dan bagi yang memutuskan untuk tidak berinvestasi, merekapun bisa tetap terus mendapatkan manfaat dan inspirasi dari konten-konten yang ada.

Cara marketing ini tentunya tidak se-sexy pembicara atau trainer yang melakukan marketingnya dengan mengadakan road show seminar keliling Indonesia. Biasanya setelah itu mereka akan memposting foto-foto di facebook / website ketika mereka sedang berbicara dengan gagah di hadapan banyak orang.

Jika saya memposting foto proses marketing saya, tentu anda akan melihat saya berada di depan komputer dengan:

  • rambut acak-acakan dan wajah bangun tidur
  • memakai pakaian rumah dan celana pendek
  • ditemani secangkir kopi di meja saya

Sebetulnya saya juga tidak mau kalah dan mau memposting foto kejadian di atas, akan tetapi saya pasti diprotes istri saya yang mengatakan bahwa foto seperti itu tidak layak untuk konsumsi publik. Dan berdasar foto yang saya dapat dari FB teman saya di bawah ini, rasanya memang lebih bijaksana untuk tidak berargumentasi dengan istri.

argue-wife

Dengan melakukan cara marketing ini saya juga bisa lebih banyak menghabiskan waktu bersama dengan keluarga kecil saya. Sekarang putri saya, Gwen, masih berusia satu tahun lebih sedikit dan sedang lucu-lucunya. Melihat perkembangannya dari hari ke hari bagaikan melihat keajaiban yang terulang tiap hari.

Selain untuk tujuan marketing, saya juga blogging untuk membagikan ilmu, pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki. Saya akan bahagia jika apa yang saya bagikan bisa berharga, bermanfaat dan membuat hidup orang lain lebih baik.

Di balik layar proses penulisan blog ini

Saya biasa menjadwalkan menulis artikel di blog ini setiap hari senin dan kamis pagi (karena musti terbit hari selasa dan jumat). Kebanyakan waktu saya akan menulis di jam 5 pagi begitu saya bangun tidur (sambil berharap Gwen jangan cepat-cepat bangun dulu). Karena tugas utama saya tiap pagi adalah mengajak jalan-jalan Gwen keliling kompleks.

Satu artikel (yang bisa anda baca habis sekitar 2 menit), rata-rata membutuhkan sekitar 1.5 – 2 jam untuk menuliskannya. Ini sudah mulai dari tahap persiapan ide, penulisan sampai dengan editing.

Tips-tips bagi anda untuk blogging

Blogging adalah satu aktivitas yang sangat rewarding. Anda bisa menyalurkan ide-ide, membagikan pemikiran dan pengalaman dan mendapat feedback dengan cepat. Anda bisa membuat hidup orang lain lebih baik karena tulisan dan pemikiran anda.

Dan suatu saat di masa depan, anda bisa berkata dan menunjukkan kepada anak anda “Ini dia tulisan papa / mama dulu”. Mereka akan mengenal anda lebih baik. You will leave a legacy.

Nah.. bagaimana tips-tips untuk blogging Pak? Ini saya bagikan tips singkat nya deh:

  1. Hadirkan konten yang berkualitas. Ini adalah prinsip utama, jika konten anda tidak berisi maka orang juga malas membaca. Cara SEO yang paling canggih pun tidak akan membantu jika konten yang anda hadirkan tidak diminati pembaca.
  2. Komitmen dan konsistensi. Buatlah komitmen pada pembaca seberapa sering anda akan memposting artikel baru (saran saya min 1 minggu sekali) dan pegang komitmen anda. Konsistensi dalam blogging akan terus menerus menambah jumlah audiens anda.
  3. Mintalah pengunjung untuk subscribe. Anda tidak bisa berharap pembaca kembali ke website anda tiap hari untuk mengecek apakah anda sudah menerbitkan konten baru atau tidak. Dengan subscribe ke blog anda maka anda bisa mengirim notifikasi lewat email begitu ada konten baru yang terbit.
  4. Marketingkanlah konten anda. Sia-sia donk kalau sudah capek-capek menulis tapi tidak ada yang membaca dan mendapat manfaat. Oleh karena itu marketingkanlah konten anda, cara paling mudah adalah melalui social media yang anda miliki.

Nah.. itu dia tips-tips bagi anda yang juga blogging atau ingin untuk memulai blogging. Semoga bermanfaat dan tetap menjadi pembaca setia dari blog ini.

Pertanyaan: “Adakah hal lain yang ingin anda ketahui seputar blog ini atau tips-tips blogging?” Silahkan lontarkan pertanyaan anda pada kolom komentar yang ada di bawah

Follow

About the Author

Halo, Saya David Pranata seorang speaker, trainer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan mampu berkomunikasi dan berpresentasi dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa memiliki pengaruh lebih, stand out of the crowd dan disukai oleh teman, boss, keluarga dan (bahkan) mertua.