Cara Baru Mendesain Slide Presentasi Secara Instan dan Menarik

By David Pranata | Tips Presentasi

Oct 10

Mungkin selama ini Anda hanya mengenal software PowerPoint sebagai sarana mendesain slide presentasi. Seiring perkembangan jaman, mulai muncul tools – tools lain yang menawarkan kelebihannya masing – masing. Yuk kita simak artikel berikut untuk infonya!

Cara Mendesain Slide Instan dan Menarik

Background Cerita

Nah, sebelum masuk ke info tools-nya, saya mau cerita dahulu mengapa saya terpikir untuk menulis artikel ini. Ceritanya adalah beberapa minggu yang lalu saya berkesempatan untuk memberikan pelatihan public speaking / presentation skill di Kementrian Luar Negeri (Kemlu).

Tepatnya ini adalah pelatihan Sekdilu (Sekolah Dinas Luar Negeri) untuk mendidik calon – calon diplomat yang akan ditempatkan di kedubes – kedubes RI di luar negeri. Salah satu skill yang tentunya musti mereka kuasai adalah presentasi, misal untuk memberikan sosialisasi peraturan atau briefing pada BMI (Buruh Migran Indonesia).

Berikut adalah foto – fotonya waktu sesi tersebut:

Peserta dari training ini mayoritas adalah dari generasi milenial, artinya kebanyakan baru saja lulus dari bangku kuliah (kelahiran tahun 1995 -1996).

Ada satu hal menarik yang saya temui ketika saya meminta mereka praktek mendesain slide untuk presentasi yang akan mereka bawakan. Ternyata mayoritas kelompok (tepatnya 11 dari total 14 kelompok) TIDAK MENGGUNAKAN software PowerPoint.

Mereka menggunakan sebuah online tools bernama Canva untuk mendesain slide mereka.

Dan berikut saya tampilkan contoh – contoh slide kreasi mereka dengan Canva.

Contoh #1 Slide Pelayanan Publik Kemlu Berbasis Digital

Contoh #2 Slide The New Bali Destination

Bagus – bagus kan hasilnya? Secara estetika (layout, pemilihan font, kombinasi warna) Anda bisa melihat bahwa slide – slide di atas tampak cantik dan sedap dipandang. Dan memang itu adalah salah satu keunggulan dan nilai plus dari Canva.

Jadi Apa itu Sebenarnya Canva?

Canva adalah online tools yang bisa Anda gunakan untuk membuat desain. Tools ini sangatlah simple dan mudah digunakan, bahkan seorang amatir yang tidak pernah belajar desain (seperti saya ­čÖé ) bisa menghasilkan desain yang cantik layaknya seorang professional.

Sebenarnya aplikasi Canva ini tidak hanya tentang desain slide presentasi. Ada sekian banyak hal yang bisa Anda desain menggunakan canva, berikut adalah beberapa contohnya:

  • Cover buku atau ebook (beserta dengan desain layout bagian dalamnya)
  • Social media post / image (facebook, twitter, instagram, pinterest)
  • Layout majalah
  • Flyer, brosur, kartu nama
  • Sertifikat dll

Saya sendiri sudah mengenal canva cukup lama, mayoritas saya menggunakan-nya untuk membuat cover ebook dan sertifikat. Selama ini untuk desain slide presentasi, saya tetap setia menggunakan Microsoft PowerPoint.

Setelah melihat fenomena bahwa semakin banyak yang menggunakan canva, maka rasanya perlu bagi saya untuk mempelajari tools yang satu ini lebih lanjut dan memberikan ulasan-nya. Berikut kita bahas perbandingannya dengan PowerPoint.

Keunggulan dan Kelemahan Canva (dibanding MS PowerPoint)

Jadi yuk berikut langsung kita bandingkan keunggulan dan kelemahan dua tools presentasi berikut:

Ulasan Canva

Keunggulan Canva:

  • Canva adalah FREE tools (Anda cukup punya akses ke internet untuk bisa menggunakannya) – walaupun ada juga template premium yang berbayar
  • Template desain yang disediakan jumlahnya banyak, bervariasi dan menarik – Anda bisa lihat contoh templatenya dari presentasi di atas, menarik bukan?
  • Cara menggunakannya simple dan mudah┬á– sangatlah intuitif, belajar sebentar saja saya yakin Anda pasti bisa langsung mendesain layaknya seorang pro designer

Kelemahan Canva:

Kelemahan – kelemahan yang saya sebutkan berikut adalah memang karena canva bukanlah tools spesifik untuk presentasi, melainkan sebagai tools desain secara umum.

  • Format file hasil akhir adalah pdf – oleh karena itu ketika presentasi Anda tidak bisa menggunakan animasi ataupun transisi dalam slide. Padahal sering kali ketika presentasi Anda membutuhkan hal ini.
  • Tidak ada fitur presenter view (melihat notes di laptop ketika slide show) dan fade to black (mematikan slide sesaat saat Anda presentasi)
  • Tidak sesuai jika presentasi Anda banyak menggunakan chart, tabel atau diagram – Di Canva sangat minim sekali fitur untuk presentasi dengan jenis visual ini
  • Tidak memungkinkan untuk menambahkan / embed media (misalnya: file video atau audio) ke dalam slide presentasi
Ulasan MS PowerPoint

Keunggulan MS PowerPoint

  • MS PowerPoint memang sebuah software yang dirancang secara spesik untuk presentasi, oleh karena itu fitur – fitur yang diperlukan ketika presentasi akan tersedia lengkap misal: presenter view, fade to black, transisi dan animasi, bisa diinsert media
  • Fitur – fitur yang dibutuhkan untuk presentasi bisnis tersedia lebih lengkap, misalnya saja: tools untuk desain dan editing tabel, chart dan diagram
  • Bisa digunakan secara offline

Kelemahan MS PowerPoint

  • Bagaimanapun juga MS PowerPoint adalah sebuah software berbayar. Yang terbaru Anda bisa membeli Office 2016 (one off payment) atau Office 365 (sifatnya subscribtion – bayar perbulan / tahun)
  • Template desain yang disediakan kurang menarik dan monoton – ketika menggunakannya presentasi Anda akan terlihat sama dengan ribuan orang lainnya

Cara Menggunakan Canva

Berikut adalah tutorial singkat menggunakan Canva untuk mendesain slide presentasi.

1.Buat Akun di Canva

Anda bisa kunjungi website canva melalui link berikut. Jikalau Anda belum memiliki akun, silahkan saja sign up untuk mendaftar terlebih dahulu. Gratis kok!

Buat akun di canva – gratis kok!

Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengunjungi halaman web mereka yang secara spesifik menjelaskan menggunakan canva untuk mendesain slide presentasi. Berikut adalah link-nya.

2.Pilih jenis desain yang Anda kehendaki

Setelah berhasil login Anda akan masuk di halaman home canva – dimana Anda bisa memilih jenis – jenis desain yang akan Anda buat. Untuk membuat slide presentasi cari di bagian Documents -> Presentation Wide (16:9). Berikut saya berikan juga screen shotnya

Tampilan home – pilh Documents > Presentation Wide untuk desain slide presentasi

Silahkan bereksperimen juga dengan jenis desain yang lain, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya Anda bisa menggunakan canva untuk mendesain banyak hal.

3.Pilh template desain yang Anda inginkan

Di sebelah kiri layar akan muncul daftar template desain yang bisa Anda gunakan. Ada yang free, ada juga yang premium (berbayar). Ada tandanya kok, yang free akan ada kotak kecil bertuliskan “free” di templatenya.

Pilih template slide yang Anda inginkan – yg ada tanda lipatan dan angka di kanan atas artinya template tersebut terdiri dari satu set

Selain itu untuk template yang ada tanda lipatan dan angkanya di ujung kanan atasnya (di gambar di bawah saya highlight – ada angka 10) artinya template tersebut merupakan satu set. Ketika Anda pilih / klik template tersebut akan terbuka set – set desain slide presentasinya. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda coba ya!

Ketika Anda klik set template, akan terbuka template – template lain dengan nuansa desain yang serupa

4.Edit gambar atau teks slide

Setelah itu Anda tinggal edit gambar atau teks yang ada di template tersebut sesuai dengan konten presentasi Anda. Untuk editing sendiri caranya cukup sederhana, Anda tinggal klik elemen yang ingin Anda edit, maka nanti akan keluar toolbar editing yang bisa Anda pergunakan.

Editing Teks

Tampilan teks editor

Klik teks yang ingin diedit, maka akan muncul toolbar editing teks (yang pada gambar di atas di-highlight merah). Anda bisa mengganti jenis font, besar font, warna beserta stylenya.

Jika Anda bisa menggunakan MS Word, saya yakin Anda pasti juga menggunakan teks editor canva ini tanpa kesulitan.

Editing Gambar

Anda bisa upload gambar milik Anda sendiri untuk menggantikan default gambar pada template

Untuk gambar, Anda bisa mengganti gambar pada template dengan gambar milik Anda sendiri. Caranya adalah pertama – tama Anda delete gambar dari template yang ada. Setelah itu upload (klik tab yang di highlight merah pada gambar di atas) gambar Anda sendiri.

5.Download Hasil Desain Anda

Saat Anda sudah selesai mendesain slide, maka Anda bisa mendownload slide dengan meng-klik tombol yang ada di bagian kanan atas. Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, format-nya akan berupa pdf.

Nanti untuk membuka dan menggunakannya untuk presentasi, Anda bisa menggunakan software Acrobat Reader.

Jadi berikut tadi adalah tutorial singkat menggunakan tools Canva untuk mendesain slide presentasi. Jadi bagaimana kesimpulannya? Apakah tools ini layak untuk digunakan?

KESIMPULAN

Jika presentasi Anda sifatnya adalah pemaparan konsep simple, yang banyak menggunakan gambar sebagai pendukung visual, maka canva adalah tools yang sesuai untuk Anda. Anda bisa membuat tampilan slide yang bervariasi dan menarik dalam waktu singkat.

Template – template bawaan canva sudah efektif dalam hal desain. Pemilihan komposisi layout, jenis font beserta komposisi warna akan membuat slide Anda tampak seakan – akan dibuat oleh seorang desainer professional.

Akan tetapi jika presentasi Anda adalah presentasi bisnis, yang banyak menggunakan tabel, grafik dan diagram, maka rasanya canva bukanlah tools yang sesuai untuk Anda. Microsoft PowerPoint memiliki fitur yang lebih banyak dan lebih kompleks untuk kebutuhan Anda.

Plus satu hal lagi.. canva dibuat untuk mendesain slide BUKAN untuk membawakan slide. Oleh karena itu ketika Anda menggunakan canva, tidak ada fitur – fitur yang akan membantu ketika Anda mempresentasikan slide (misal: fitur presenter view, fade to black, insert media dll).

Semoga ulasan ini bisa membantu Anda untuk menentukan tools desain slide presentasi yang sesuai dan menampilkan sebuah presentasi yang menarik

Berikan juga komentar Anda tentang penggunaan canva! Apakah Anda sudah menggunakannya? atau akan menggunakannya? Jika sudah menggunakan, bagaimana kesan Anda? Silahkan tulis pada kolom komentar yang ada di bawah

Follow

About the Author

Halo, Saya David Pranata seorang speaker, trainer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan mampu berkomunikasi dan berpresentasi dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa memiliki pengaruh lebih, stand out of the crowd dan disukai oleh teman, boss, keluarga dan (bahkan) mertua.