Cara Mencontek Notes Presentasi Anda Versi Digital

By David Pranata | Tips Presentasi

Jun 02

Dengan mempelajari artikel ini, anda akan bisa berkata “Sayonara” kepada kertas lusuh yang biasanya anda gunakan sebagai contekan ketika berpresentasi. Inilah cara mencontek versi digital.

mencontek-digital

Dalam artikel kali ini anda akan belajar bagaimana membuat contekan (notes) dengan menggunakan fasilitas presenter view yang ada di PowerPoint.

Apa Itu yang Dimaksud dengan Presenter View

Presenter view adalah ketika layar laptop anda dan layar projector menampilkan dua hal yang berbeda. Berikut kondisinya:

  • Layar projector menampilkan slide presentasi anda
  • Layar laptop menampilkan slide, notes beserta slide sebelum dan sesudahnya

Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat ilustrasi berikut.

presenter-view

Yang dilihat audiens di screen adalah slide presentasi saja, sedang si presenter (wanita yang ada di kiri bawah) melihat laptop yang berisi slide, notes dan preview untuk slide sebelum dan sesudahnya. Dengan tampilan ini maka anda bisa melihat notes di laptop anda.

Untuk lebih memperjelas berikut saya tunjukkan juga tampilan layar laptop di salah satu slide presentasi saya ketika menggunakan presenter view:

laptop-view

Anda bisa lihat bahwa layar laptop saya terbagi menjadi tiga bagian utama:

  • Kiri atas menunjukkan slide yang sekarang sedang terproyeksikan di screen
  • Kanan atas menunjukkan notes yang sudah saya persiapkan
  • Bagian bawah menunjukkan preview slide sebelum dan sesudahnya

Langkah-Langkah Menampilkan Presenter View

Berikut adalah langkah-langkah mempersiapkan notes menggunakan presenter view:

1. Tuliskan Notes Anda

Anda bisa menuliskan notes yang nantinya anda gunakan sebagai contekan. Tempat menuliskan notes adalah persis di bawah tempat anda mengedit slide utama pada normal view. Anda bisa melihatnya sebagai baris kosong dengan tulisan “click to add notes”

2. Ubah setting monitor anda menjadi extend

Ini langkah yang dilakukan untuk membuat tampilan laptop dan screen menunjukkan dua hal yang berbeda. Untuk melakukan hal ini, ada dua cara yang bisa anda pilih:

  • Menggunakan shortcut “windows key + P” (untuk OS Windows 8) ATAU
  • Klik kanan di layar desktop anda > screen resolution > connect to a projector (project to a second screen)

Setelah anda melakukan hal tersebut, anda pilih “Extend”

3. Putar slide anda dengan slide show

Sebelum anda memutar slide show pastikan “use presenter show” dalam tab slide show sudah dalam kondisi tercawang. Dan anda pun siap berpresentasi dengan menggunakan presenter view.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak saja video tutorial mensetting presenter view berikut:


Nah.. saya yakin setelah menonton video tutorial pasti anda sudah berhasil mensetting laptop anda untuk mode presenter view. Kebanyakan orang masih belum mengetahui fitur ini, jadi siap-siaplah juga untuk membuat teman-teman anda tercengang dengan tampilan baru ini.

SDME

Konten dan video tutorial seperti inilah yang akan anda temui dalam program online course terbaru saya “Slide Design Made Easy: Cara Mudah Mendesain Slide yang Bisa Anda Banggakan”.

Cara menggunakan notes (presenter view) ini hanyalah satu dari total 31 lesson (terdiri dari 44 video tutorial) yang ada. Jadi akan ada sekian banyak lagi materi yang bisa anda pelajari untuk membuat slide presentasi yang bisa anda banggakan.

Miliki Kemampuan Presentasi yang Bisa Anda Banggakan!

Subscribe dan Dapatkan Awesome Presenter Pack yang berisi video tutorial & ebook tentang cara menyusun dan membawakan presentasi yang memukau!

Follow

About the Author

Halo, Saya David Pranata seorang speaker, trainer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan mampu berkomunikasi dan berpresentasi dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa memiliki pengaruh lebih, stand out of the crowd dan disukai oleh teman, boss, keluarga dan (bahkan) mertua.

FREE EBOOK

10 Kesalahan Fatal Desain Slide Presentasi

Masukkan nama dan alamat email Anda untuk download ebook-nya

envelope
envelope