10

Cara Menjadi Teman Bicara yang Asyik

Di satu sesi kuliah saya, ada seorang mahasiswa, sebut saja namanya Budi, mengangkat tangan dan bertanya “Pak David, bagaimana caranya untuk menjadi pribadi yang menarik dalam tiap pembicaraan?”

talk

Menerima pertanyaan ini sayapun terdiam sejenak dan berpikir “Susah juga nih pertanyaannya, bagaimana ya caranya?”

Apakah kita harus pandai melawak? harus selalu sedia stock cerita menarik? atau harus selalu update dengan gosip terkini?

Di tengah-tengah kebingungan saya dalam menjawab pertanyaan, tiba-tiba saya teringat satu quote dari Dale Carnegie, salah seorang pakar komunikasi dunia, dia berkata:

Don’t try to be interesting but be interested in people – Dale Carnegie –

Jika diterjemahkan kurang lebih berarti “Jangan berusaha untuk membuat dirimu menarik akan tetapi cobalah untuk tertarik pada orang lain”

Sering kali kita berusaha untuk membuat orang lain terkesan pada diri kita, misalnya dengan menceritakan kisah-kisah yang wah, liburan yang mengasyikkan atau pengetahuan kita akan satu hal. Kita berupaya sedemikian keras untuk membuat diri kita tampak hebat dan menarik.

Akan tetapi, apakah hal ini efektif? Menurut pendapat saya pribadi sih tidak.. bahkan orang bisa-bisa kehilangan minat dan bosan karena dari awal sampai akhir kita selalu bercerita tentang diri kita sendiri.

Menurut saya, jikalau anda ingin menjadi teman bicara yang baik maka yang hal pertama yang harus dilakukan adalah belajar untuk tertarik pada orang lain. Anda bisa mulai dengan memandang bahwa tiap orang di depan anda adalah pribadi unik dan menarik sehingga anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang mereka.

Akhirnya saya pun menjawab kepada murid saya “Hmm.. daripada mencoba untuk menjadi menarik, bagaimana jika kita belajar untuk tertarik pada lawan bicara, mungkin caranya adalah lebih pandai mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang dia”

Salah seorang teman dari Budi menyelutuk “Wah bakalan langsung dipraktekan sama si Budi tuh, dia kan memang lagi PDKT dengan seorang cewek”. Si Budi pun cuma diam dan senyum-senyum saja.

Minggu depan ketika kita bertemu lagi saya bertanya kepada si Budi “Bagaimana? Sudah dipraktekan caranya?” Dengan senyum dia menjawab “Iya pak.. sekarang saya ada masalah baru nih, saya dan gebetan tidak bisa berhenti saling ber-BBM dan telepon.”

Dan..beberapa minggu kemudian mereka pun jadian.

Nah.. bagi anda yang masih single dan sedang mencari pasangan, mungkin tips komunikasi ini cocok juga untuk dipraktekkan 🙂

Ingin Mendapatkan Konten Serupa?

Dapatkan konten spesial “21 Hari Menjadi Pribadi Menarik dan Disukai Orang Lain” hanya dengan subscribe di blog ini. Anda akan belajar topik-topik berikut ini:

  • Cara menjadi pendengar yang baik
  • Cara membuat kesan pertama yang mengesankan
  • Tips dan teknik untuk membuat pembicaraan tetap mengalir.

Anda bisa subscribe hanya dengan mengisikan nama dan alamat email anda di bawah ini

21-Days-small

 
Sharing is Caring
David Pranata
 

Halo, Saya David Pranata seorang speaker, trainer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan mampu berkomunikasi dan berpresentasi dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa memiliki pengaruh lebih, stand out of the crowd dan disukai oleh teman, boss, keluarga dan (bahkan) mertua.