Cara Cepat Klik dengan Orang Lain Bag 1: Ungkap Kelemahan Anda

Pernahkah anda bertemu dengan seseorang yang sebelumnya tidak anda kenal, akan tetapi hanya dengan beberapa menit saja berbincang-bincang dengan dia, anda sudah merasa seperti teman lama? Atau dalam kata lain anda cepat “klik” dengan orang tersebut.

vulnerable

Saya yakin anda pasti pernah mengalaminya.  Dan pernahkah anda bertanya “Hmm.. kenapa ya saya bisa cepat klik dengan orang itu?” Faktor apa yang bisa membuat saya cepat klik dengan dia?”.

Ternyata jawabannya adalah.. “Ya, ada faktor-faktor yang bisa membuat kita cepat klik dengan orang lain.” Ori Brafman dan Rom Brafman dalam bukunya “Click” memaparkan bahwa ada 5 faktor yang bisa membuat kita cepat klik dengan orang lain. Dalam kesempatan ini mari kita sama-sama membahas faktor yang pertama yaitu Vulnerability.

Ketika kita membuat diri kita vulnerable (bahasa Indonesia nya “terbuka, rentan”) maka kita membuat orang lain lebih mudah percaya kepada kita. Bagaimana caranya? yaitu dengan mengungkapkan rasa takut dan kelemahan kita.

Hal ini juga menjawab mengapa di dalam Toastmasters Club di mana saya bergabung kita seringkali bisa menjadi dekat satu sama lain. Ketika kita berpresentasi, kita sering berbicara mengenai topik-topik di atas. Hal ini membuat kita cepat connect satu sama lain dalam level emosi, yang akhirnya menyebabkan kita lebih dekat satu sama lain.

Bagaimana kita bisa menerapkan hal ini? Ketika berkomunikasi, ketimbang berbicara dan menyombongkan hal-hal yang pernah kita capai atau tempat-tempat yang pernah kita kunjungi, cobalah bercerita mengenai kegagalan atau hal-hal konyol yang pernah kita lakukan. Tentunya dengan nada yang santai dan mentertawakan diri sendiri. Jangan dalam nada depresi dan sedih, saya kira tidak ada orang yang suka ketika pertama kali bertemu malah menjadi tempat curhat.

Dalam presentasi, kita bisa menceritakan self depricating humor, yaitu cerita atau humor yang mentertawakan diri sendiri. Play yourself down. Ini akan membuat audience lebih cepat connect dengan anda, mereka akan melihat anda sebagai figur yang tidak melulu berbicara hanya tentang keberhasilan dan kesuksesan anda.

 Pertanyaan: “Apa kelemahan anda yang ketika anda sharingkan akan membuat orang bakal cepat klik dengan anda?” Silahkan saling berbagi dengan meninggalkan komentar di bawah

Sharing is Caring
David Pranata
 

Halo, Saya David Pranata seorang speaker, trainer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan mampu berkomunikasi dan berpresentasi dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa memiliki pengaruh lebih, stand out of the crowd dan disukai oleh teman, boss, keluarga dan (bahkan) mertua.