Cara Cepat Klik dengan Orang Lain Bag 2: Temukan Kesamaan

Bayangkan sekarang anda berada di Zimbabwe, suatu negara yang sama sekali tidak anda kenal. Anda menoleh ke kanan kiri, semua petunjuk jalan, billboard dan tulisan ditulis dalam bahasa yang tidak anda tahu. Orang-orang yang anda dengar juga berbicara dalam bahasa seperti bahasa dari planet lain. Tiba-tiba seseorang menepuk bahu dan menyapa anda “Hi.. dari Indonesia ya! Perkenalkan nama saya Danny, saya juga dari Indonesia lo.” Saya bisa meramalkan bahwa selanjutnya anda bisa cepat sekali klik dengan orang itu.

similar

Contoh di atas menunjukkan bahwa faktor kesamaan yang diperkuat dengan situasi yang cukup ekstrim (berada sendirian di negeri yang asing) akan membuat anda cepat klik dengan seseorang. Kesamaan dalam hal yang anda anggap spesifik dan signifikan akan menjadi sebuah katalisator yang ampuh dalam komunikasi. Contoh lainnya adalah misalkan anda bertemu seseorang yang kebetulan memiliki tanggal lahir atau nama depan yang sama, pastilah akan membuat anda cepat klik dengan orang tersebut.

Penelitian lebih lanjut juga menunjukkan bahwa tidaklah penting kesamaan ini dalam hal yang prinsip atau tidak, kuantitas dalam hal ini lebih menentukan. Jadi apakah anda memiliki agama ataukah sekedar mendukung klub sepakbola yang sama ternyata sama-sama bisa membuat anda lebih cepat klik. Semakin banyak kesamaan yang anda miliki, semakin kuat dan cepat anda bisa klik dengan orang lain.

Jadi apa yang bisa kita ambil dari prinsip ini? Hmm.. jika kita hendak bertemu dan ingin menjalin hubungan baik dengan seseorang, entah itu calon parner bisnis anda, calon customer atau mungkin calon pasangan anda =) lakukanlah riset terlebih dahulu. Carilah apa yang disukai oleh orang tersebut, siapa tahu ada yang sama-sama kita sukai juga.

Dengan kondisi sekarang di mana hampir setiap orang mempunyai akun facebook dan melimpah ruahnya data di internet, hal ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Jikalau pun tidak memungkinkan, anda bisa melakukannya langsung ketika anda bertatap muka.

Saya juga mempraktekkan hal ini ketika harus bertemu dengan calon klien saya. Dari sepintas browsing di internet saya menemukan bahwa calon klien saya ini adalah penikmat musik metal. Sesuatu yang bisa dikatakan cukup jarang kita temui… dan kabar baiknya, saya juga penikmat musik metal.

Kira-kira pada waktu pembicaraan dengan dia, hal apa yang bisa membuat kami cepat klik? Haha.. tentu saja musik metal. Kami bisa saling cerita tentang band favorit kami dan pengalaman berpakaian serba hitam nonton konser. Apakah  hal tersebut mendukung tujuan saya untuk mendapat kontrak training? Hmm.. saya tidak tahu pasti, tapi yang jelas waktu itu saya berhasil mendapatkan kontrak training nya   😎

Silahkan mempraktekkan.. and be ready to be a people magnet!

Pertanyaan: “Kesamaan dalam hal apa sajakah yang bisa anda bangun dengan lawan bicara anda supaya cepat klik?” Silahkan meninggalkan jawaban anda di kolom komentar

Sharing is Caring
David Pranata
 

Halo, Saya David Pranata seorang speaker, trainer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan mampu berkomunikasi dan berpresentasi dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa memiliki pengaruh lebih, stand out of the crowd dan disukai oleh teman, boss, keluarga dan (bahkan) mertua.