Desain Slide Presentasi untuk Pemula

By David Pranata | Tips Presentasi

Oct 20

Di jaman sekarang ini, slide presentasi menjadi salah satu kebutuhan wajib ketika berpresentasi. Hanya saja banyak presenter yang masih belum tahu bagaimana menggunakannya dengan efektif.

Saya masih banyak melihat fenomena “Death by Power Point”, dimana audiens dibuat tersiksa dan mengantuk karena slide presentasi yang jadul, ruwet dan dipenuhi dengan sekian banyak teks. Belum lagi ditambah dengan presenter yang membawakan materi hanya dengan sekedar membaca isi slide mereka.

Oleh karena itulah, saya membuat materi yang satu ini…. dan kejutan! Konten kali ini saya buat dalam bentuk video ­čÖé . Rencananya materi “Slide Design for Beginners” ini akan saya buat berseri sehingga kemampuan membuat slide presentasi anda semakin bertambah mantap.

Bagi yang sudah tidak sabar silahkan menikmati videonya yang ada di bawah ini

Supaya pembelajaran anda lebih jelas, saya juga akan sajikan intisari dari video di atas berikut.

Banyak orang masih berpresentasi menggunakan cara tradisional. Mereka memenuhi slide mereka dengan teks berisi draft presentasi dan membacanya kata perkata. Hal ini tentu saja membuat presentasi menjadi kurang menarik, membosankan dan mendorong audiens untuk tertidur.

Apa sebetulnya prinsip desain slide presentasi yang efektif? Ada dua prinsip utama yaitu simpel dan visual.

Gunakan slide yang simple

Simpel adalah hanya menampilkan apa yang penting. Menjadi simpel seringkali lebih sulit untuk dilakukan, karena anda harus benar-benar memilah manakah yang benar-benar penting.

Beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membuat slide presentasi anda lebih simpel:

  • Tampilkan hanya poin presentasi anda
  • Buatlah singkat
  • Satu pesan per-slide

Gunakan kekuatan visual

Sesuai dengan fungsi slide presentasi sebagai visual aids (alat bantu visual). Anda pun harus bisa memaksimalkan penggunaan visual / gambar di dalam slide yang anda gunakan.

Berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk menggunakan kekuatan visual:

  • Gunakan foto berkualitas
  • Gunakan gambar yang berkorelasi
  • Tidak semua slide harus bergambar

Dengan menerapkan dua prinsip utama ini (simpel dan visual), niscaya slide presentasi akan mampu membantu memperjelas pesan anda sekaligus memukau audiens.

Ingin Belajar Lebih Lanjut?

Anda bisa menyimak konten-konten berikutnya dari seri Slide Design for Beginners ini, berikut adalah linknya:

Atau anda bisa juga cek program online course saya “Slide Design Made Easy”, informasi lebih lanjut silahkan cek di bagian bawah artikel ini.

Dapatkan Update Terbaru!

Bergabunglah dengan lebih dari 8,000 subscriber lainnya dan dapatkan notifikasi langsung di email Anda tiap ada update terbaru dari blog ini. Plus anda juga akan mendapatkan konten eksklusif "21 Hari Menjadi Pribadi Menarik dan Disukai Orang"

Follow

About the Author

Halo, Saya David Pranata seorang speaker, trainer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan mampu berkomunikasi dan berpresentasi dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa memiliki pengaruh lebih, stand out of the crowd dan disukai oleh teman, boss, keluarga dan (bahkan) mertua.