Jalan Pintas untuk Menjadi Ahli di Bidang yang Anda Inginkan

Anda tentu ingin menjadi ahli (atau istilah kerennya menjadi master) di bidang yang anda geluti, bahkan jika perlu menjadi yang terbaik. Bagaimana jalan pintas untuk mencapainya?

menjadi-ahli1

Artikel ini sebetulnya terinspirasi dari apa yang saya alami minggu lalu. Minggu lalu wordpress saya mengalami error karena proses update yang tampaknya tidak compatible dengan plugins atau sistem yang ada di hosting saya (bagi yang bingung istilah-istilah teknis di atas, perkataan simpelnya cukup “website saya sedang error” 🙂 ).

Karena error ini saya pun tidak bisa menulis artikel karena yang ada di hadapan saya hanyalah kotak putih yang sama sekali tidak bisa diklik ataupun digunakan untuk untuk mengetik. Dan saya akhirnya menghabiskan waktu sekian lama untuk otak-atik dan menemukan bagian mana yang error.

Sampai saya akhirnya menyerah, apapun yang saya lakukan waktu itu tidak berhasil menyelesaikan masalah.

Akhirnya saya berpikir “Saya pasti tidak sendiri dalam hal ini, pasti ada orang lain di luar sana yang memiliki masalah yang sama dengan saya dan berhasil menyelesaikannya”. Saya pun search di google  dan menemukan beberapa forum di mana ada orang yang bertanya akan masalah yang persis dengan yang saya hadapi.

Salah satu komentator di forum tersebut ada yang menyarankan, coba pencet saja “Ctrl + F5” . Waktu membacanya saya tidak yakin “Masa sih semudah itu”. Tapi berhubung sudah tidak tahu lagi apa yang mau dilakukan, ya sudah deh iseng-iseng saja dipencet, siapa tahu ada reaksi.

Dan apa yang terjadi?

Dalam sekejab layar berubah, kotak putih yang tadi tidak bisa diklik dan dibuat mengetik mendadak berfungsi. Semua tombol yang tadinya macet akhirnya bisa dipencet lagi. Saya  sampai terheran-heran “Hah.. cuma begitu saja solusinya!”

Jadi apa yang bisa saya pelajari dari hal ini?

Jika anda bertanya pada orang yang benar maka anda akan mendapatkan solusi jauh lebih cepat, tepat dan bisa menghemat waktu dan rasa frustasi anda.

Lalu bagaimana menerapkannya ?

Bagaimana hal yang saya alami tersebut bisa membantu anda dalam menjadi ahli / master dalam presentasi (atau bidang-bidang lain yang anda geluti)?

Belajarlah pada orang yang tepat. Di luar sana sudah banyak orang yang mengalami masalah yang sekarang anda hadapi, yang sudah terlebih dahulu mengetahui apa yang ingin anda ketahui dan sudah mengalami apa yang belum anda alami.

Jikalau anda ingin belajar dengan cepat, menemukan jalan pintas untuk menjadi master dalam apapun bidang yang anda geluti maka belajarlah dengan orang yang ahli di bidang tersebut.

Apakah tidak bisa jika kita hanya berlatih saja?

Saya pernah bertemu dengan seorang teman yang terheran-heran ketika mendengar profesi saya sebagai seorang trainer public speaking. Dia berkata “Loo… bukannya kalau presentasi itu masalah kebiasaan saja, yang penting sering maju ke depan dan berlatih maka lama kelamaan kan menjadi jago sendiri?”

Jawaban saya adalah Ya dan Tidak.

Memang berlatih adalah salah satu cara yang ampuh dan harus dilakukan jika anda ingin meningkatkan sebuah skill. Bahkan bisa saya katakan, berlatih adalah tips presentasi yang paling jitu yang sering dilupakan orang.

Akan tetapi, anda juga perlu belajar dan mengetahui cara yang benar terlebih dahulu. Jika tidak anda bisa terus menerus berlatih cara yang salah. Dan nantinya ketika kebiasaan anda sudah terbentuk akan lebih sulit lagi untuk merubahnya.

Berikut saya berikan contoh tentang apa yang dialami teman saya sesama trainer.

Saya memiliki teman yang berprofesi sebagai seorang motivator. Anak ini benar-benar luar biasa karena belum lulus kuliah pun dia sudah sering memberikan seminar dan training di mana-mana.

Suatu hari saya bersama dengan dia memberikan sebuah seminar tentang public speaking yang dihadiri oleh sekitar 150 peserta yang semuanya adalah mahasiswa.

Dalam seminar ini, tanpa dia sadari kata ganti yang dia gunakan untuk menyapa audiens adalah “Bapak Ibu” (bayangkan jika anda seorang mahasiswa dan terus menerus disapa bapak ibu 🙂 ).

Di sesi tanya jawab sampai ada seorang peserta yang bertanya “Kita ini mahasiswa tapi kok disapa “Bapak Ibu” terus sih, akhirnya kita merasa tidak nyambung. Apakah memang seharusnya begitu cara menyapa audiens?”.

Menerima pertanyaan ini teman saya dengan berbesar hati mengakui bahwa sebutan “Bapak Ibu” memang tidak pas untuk mereka.

Dan setelah itu dia pun melanjutkan sesi seminarnya.. tebak apa kata ganti yang dia gunakan setelah itu?

Benar sekali 🙂 tetap “Bapak Ibu”. Tidak mudah untuk merubah kebiasaan yang sudah terus-menerus dilakukan.

Notes: untuk mengetahui bagaimana kata ganti yang tepat untuk menyapa audiens, simak artikel saya berikut.

Adakah tips tambahan lagi untuk lebih mempercepat?

Okay Pak David.. sekarang saya tahu jalan pintas untuk menjadi master dalam bidang yang saya geluti adalah dengan belajar pada yang ahli. Lalu adakah tips tambahan lain untuk lebih cepat lagi menguasainya?

Yup.. ada. Satu tips tambahan lagi adalah berinvestasilah.

Saya tahu di jaman sekarang ini banyak resources yang tersedia dengan gratis. Salah satunya adalah artikel di blog ini. Untuk membacanya anda tidak perlu bayar bukan?

Akan tetapi jika anda ingin lebih cepat dan tepat lagi belajarnya, berinvestasilah di produk atau program yang mereka buat. Misalnya saja adalah:

  • Belilah buku yang mereka tulis
  • Ikuti online course yang mereka buat
  • Bergabunglah di seminar atau workshop yang mereka adakan

Selain mendapatkan pembelajaran yang lebih detil dan mendalam, anda juga akan merasa lebih menghargai dan menikmati. Hayoo…. lebih puas mana mendengarkan lagu yang didownload secara gratis (baca: versi bajakan) atau yang anda beli dari CD originalnya?

Saya sendiri aktif membeli buku, bergabung di online course atau mengikuti seminar di sumber-sumber yang memang saya percaya. Ketika berinvestasi, saya akhirnya benar-benar menuntaskan pembelajaran yang ada (haha.. tidak mau rugi). Plus ada juga pemikiran “Saya sudah berinvestasi senilai sekian rupiah, jadi saya harus belajar dan mempraktekkan paling tidak sampai bisa balik modal”.

Ingin menjadi master dalam bidang presentasi?

Saat anda merasa bahwa kemampuan presentasi itu sesuatu yang penting, yang bisa meningkatkan karir anda dengan pesat dan membuat anda lebih disukai oleh teman, boss dan (bahkan) mertua…. Saya ada usulan untuk anda.

Anda bisa bergabung di program online course saya Super Presenter Home Study Course.

Ini adalah sebuah pembelajaran presentasi via online course yang menjadi intisari apa yang telah saya pelajari selama ini tentang ilmu presentasi dan public speaking.

Saya tidak akan mengklaim bahwa saya atau program ini adalah yang nomor satu, yang terbaik dan sebagainya. Untuk hal tersebut biarlah customer dan member yang sudah bergabung yang menilainya.

Yang bisa saya sampaikan adalah apa yang telah saya pelajari ini telah mentransformasikan diri saya dari yang dulu sama sekali tidak bisa presentasi menjadi diri saya yang sekarang ini.

Banyak orang yang juga telah mendapat manfaat luar biasa dari program ini, detil lengkapnya bisa anda cek sendiri di link berikut ini. Jadi… apakah anda yang berikutnya?

Sharing is Caring
David Pranata
 

Halo, Saya David Pranata seorang speaker, trainer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan mampu berkomunikasi dan berpresentasi dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa memiliki pengaruh lebih, stand out of the crowd dan disukai oleh teman, boss, keluarga dan (bahkan) mertua.