Level of Energy – Cara Membuat Orang Lain Antusias Mendengarkan dan Mengobrol dengan Anda

Pernahkah Anda merasa heran melihat audiens rasanya tidak bersemangat mendengarkan presentasi Anda? Atau mereka tampak enggan mengobrol dengan Anda? Konsep yang akan Anda pelajari kali ini akan merubah situasi tersebut.

antusiame-level-energi

Dalam sebuah presentasi bisa saja Anda sudah mempersiapkan konten dengan matang bahkan mendesain slide terindah yang pernah Anda buat akan tetapi… ketika Anda membawakannya dengan loyo dan tanpa semangat maka semuanya seakan sia-sia.

Dan inilah satu sebab utama mengapa presentasi membosankan. Presenter berbicara tanpa adanya antusiasme alias dengan level energi yang rendah.

Hal yang sama juga berlaku dalam percakapan sehari-hari. Jikalau Anda tampak lesu, tidak semangat bicara dan bahkan selalu berkeluh kesah, apakah lawan bicara akan tertarik untuk terus mengobrol dengan Anda? Saya yakin Anda sudah tahu jawabannya.

Oleh karena itu dalam berpresentasi atau berkomunikasi, tingkatkan level energi Anda.

Tingkatkan Level Energi Anda

Satu cara yang paling mudah dan cepat untuk meningkatkan level energi adalah dengan menunjukkan antusiasme Anda. Jikalau dalam berbicara atau menyampaikan sesuatu Anda tidak antusias, misalnya saja:

  • berpresentasi seolah-olah karena terpaksa karena disuruh boss
  • berbicara sambil berharap semoga sesi Anda cepat selesai
  • menyampaikan sesuatu hanya karena ini adalah tuntutan pekerjaan

Maka audiens atau lawan bicara Anda akan bisa merasakannya. Dan jikalau Anda tidak antusias, maka jangan berharap audiens akan tiba-tiba antusias mendengarkan dan menyimak apa yang Anda sampaikan.

Ingat, antusiasme itu menular. Jikalau Anda antusias maka Andapun bisa mengubah audiens atau lawan bicara ikut antusias mendengarkan apa yang Anda sampaikan.

Berikut saya akan berikan juga satu quote dari Ralph Waldo Emerson yang menekankan hal yang sama:

Nothing great was ever achieved without enthusiasm – Ralph Waldo Emerson

Yang artinya adalah “Tidak ada hal-hal luar biasa dapat dicapai tanpa adanya antusiame”. Nah.. sama halnya dengan presentasi, jika Anda ingin presentasi Anda menjadi luar biasa maka tunjukkan pula antusiasme Anda.

Lalu.. Bagaimana Caranya?

“Iya Pak David, lalu bagaimana caranya supaya kita bisa senantiasa antusias?”

Hmm… tentunya selain dengan memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi dan istirahat yang cukup (Haha.. yang dua hal tersebut saya tidak bahas lebih lanjut, saya bukan pakarnya 🙂 ), ada satu hal sederhana yang bisa Anda terapkan.

Prinsip ini saya pelajari dari Brendon Burchard, seorang speaker dan trainer yang terkenal karena expert academy-nya. Jikalau Anda pernah menonton videonya, maka Anda bisa mencermati bahwa dia bisa berbicara dengan antusias selama kurang lebih satu jam di depan kamera (tidak mudah untuk antusias selama itu, jika yang ada di depan Anda hanyalah satu kamera video tanpa audiens).

Dia berkata selalulah Aware / sadar akan level antusiasme Anda. Tanyakan pada diri Anda sendiri, “Dalam skala 1 – 10, berapakah level antusiasme saya sekarang?”. Kesadaran akan hal ini akan membuat Anda juga sadar untuk senantiasa meningkatkan level energi Anda.

Lakukan hal yang sama pula dalam kehidupan sehari-hari Anda. Hal simpel ini akan membuat Anda lebih energik dan bersemangat menjalani hidup.

Plus Satu Lagi Tips Meningkatkan Antusiasme Anda

Saya tambahkan lagi satu tips supaya Anda lebih antusias dalam menyampaikan sesuatu. Jika Anda berbicara dalam sesuatu hal, pastikan hal tersebut adalah:

  • sesuatu yang Anda ketahui
  • sesuatu yang Anda sukai
  • sesuatu yang Anda peduli

Ketika Anda memiliki hal tersebut maka Anda seperti memiliki energi ekstra dalam menyampaikan-nya. Inilah yang disebut juga dengan passion.

Akan susah untuk menjadi antusias, jika Anda tidak bisa menemukan bagaimana topik yang akan Anda sampaikan bisa bermanfaat dan penting untuk audiens Anda. Jadi sebelum Anda berpresentasi temukanlah bagaimana topik yang akan Anda sampaikan bisa membantu dan penting untuk audiens Anda.

Dan saya kira hal yang sama juga berlaku dalam kehidupan kita. Senangilah pekerjaan Anda, temukan bagaimana pekerjaan Anda bisa bermanfaat untuk orang lain.

Have passion in your work!

Ini adalah satu resep jitu supaya kita lebih cepat sukses dalam apa yang kita lakukan. Saya kira akan susah bagi kita untuk sukses di bidang yang tidak kita sukai,, benar bukan?

Jadi satu pesan terakhir untuk merangkum keseluruhan artikel ini adalah “Tetap Semangat! Tetap Antusias! Yuk, kita mulai hari kita dengan semangat!”

Sharing is Caring
David Pranata
 

Halo, Saya David Pranata seorang speaker, trainer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan mampu berkomunikasi dan berpresentasi dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa memiliki pengaruh lebih, stand out of the crowd dan disukai oleh teman, boss, keluarga dan (bahkan) mertua.