Perhatian: Hanya Untuk Mereka Yang Ingin Meningkatkan Kemampuan Presentasinya

By David Pranata | Inspirasi

Dec 09

Dalam training minggu lalu saya mendapat pertanyaan “Pak David, presentasi anda sungguh menarik 🙂 , apa rahasianya supaya bisa menampilkan presentasi seperti itu?”

learn

Yang jelas pertanyaan ini tidak mungkin akan ditanyakan jika dia melihat presentasi saya 8 tahun yang lalu 🙂 . Saat itu berbicara selama satu menit saja saya tidak mampu plus beberapa kali sering mendadak blank di tengah-tengah presentasi.

Rahasia Perkembangan Diri Saya

Lalu apa rahasianya bisa berkembang sampai saat ini Pak?

Okay… siap-siap ya, setelah ini akan saya sharingkan rahasia besar saya. Rahasia yang merupakan andalan saya. Tahan nafas dulu… satu, dua, tiga, rahasianya adalah…….

Teruslah belajar dan mengembangkan diri

Walah Pak… ternyata rahasianya begitu saja, sama sekali tidak sexy dan tidak keren. Memang, rahasia ini bukanlah sesuatu yang baru dan menakjubkan.

Seringkali kita berharap ada suatu trik atau ilmu rahasia yang dapat menyelesaikan masalah atau mengabulkan keinginan kita dalam sekejab. Tapi dalam kenyataannya tidak ada yang seperti itu, ada proses yang harus kita jalani untuk menjadi lebih baik. Proses itulah yang kita sebut dengan belajar.

Seringkali saya melihat presenter-presenter yang bagus (atau yang merasa dirinya bagus 🙂 ) dan mereka tidak lagi mengembangkan diri. Sekian tahun berlalu dan saya melihat mereka masih menggunakan slide gaya jadul dan membawakan dengan cara persis sama seperti sekian tahun yang lalu. Saya jadi ingat satu quote menarik ini:

Sometimes good is the enemy of great
– Craig Valentine –

Maksud quote tersebut adalah seringkali kita berpuas diri karena sudah bagus sehingga tidak lagi meningkatkan diri kita. Jadi janganlah cepat berpuas diri terutama di bidang-bidang yang anda tekuni, selalu ada ruang untuk belajar dan meningkatkan diri.

The biggest room in the world is room for improvement

Teruslah Belajar

Saya bisa berkembang sampai kondisi saat ini karena saya terus menerus belajar dan mengembangkan diri. Saya memulai pembelajaran presentasi saya di sebuah organisasi bernama Toastmasters. Di sinilah tempat saya belajar dan mempraktekkan dasar-dasar ilmu public speaking.

Selain itu lingkungan di Toastmasters sangatlah suportif, member di sana bisa memberi masukan akan presentasi anda. Plus mereka adalah audiens terbaik no 1 di dunia, artinya mereka antusias sekali mendengarkan. Walaupun dalam presentasi anda masing bingung atau lupa-lupa, mereka tetap tersenyum, mendengarkan bahkan bertepuk tangan 🙂 .

Sampai di situpun saya juga tidak berpuas diri.

Saya banyak membaca buku, sudah puluhan (atau bahkan sudah sampai seratus lebih) buku-buku tentang presentasi dan komunikasi yang saya lahap. Saya juga mengikuti pelatihan-pelatihan baik itu melalui offline maupun online. Di rumah saya tertata rapi puluhan CD dan DVD home study course yang sudah saya beli.

Bahkan barusan ini (3 hari lalu), saya barusan saja berinvestasi untuk mengikuti sebuah home study course dari pembicara favorit saya, Craig Valentine. Bagi saya pembelajaran dari dia adalah sebuah hal yang I can’t afford NOT to buy (tidak bisa TIDAK saya beli).

Jangan Lupa Mempraktekkan

Selain belajar pengetahuan baru, jangan lupa juga mempraktekkan. Sekedar mengetahui tetapi tidak mempraktekkan maka hasilnya sama saja dengan tidak belajar.

Presentasi dan komunikasi adalah suatu skill yang untuk menguasainya butuh dipraktekkan. Sama halnya dengan berenang, supaya mahir anda harus terjun ke kolam renang, tidak bisa hanya dengan belajar dari buku atau DVD.

Sekali lagi saya banyak mempraktekkan apa yang sudah saya pelajari di klub Toastmasters. Selain itu saya mengajar di universitas sebagai dosen, di sanalah mahasiswa saya sering menjadi kelinci percobaan untuk materi-materi baru yang saya rancang (Haha.. semoga mereka tidak sedang membaca artikel ini juga).

Jadi itulah rahasia saya mengembangkan diri, tidak hanya dalam ilmu presentasi akan tetapi juga dalam banyak hal lain. Pesan utama saya adalah “Keep on Learning”, belajarlah dari sumber yang tepat maka “You’ll better speaker sooner than what you think”.

[bluebox]

Sebentar lagi masa liburan akan segera tiba. Ingin mengisi liburan anda sembari belajar presentasi secara menyeluruh?
Saya sarankan anda untuk mencek program Super Presenter Home Study Course yang merupakan pembelajaran komplit tentang presentasi mulai dari mengatasi rasa takut, menyusun konten, mendesain slide dan membawakan materi.

[/bluebox]

Pertanyaan: “Hal spesifik apakah tentang presentasi yang ingin anda pelajari / kuasai?” Sharingkan jawaban anda pada kolom komentar yang ada di bawah

Follow

About the Author

Halo, Saya David Pranata seorang speaker, trainer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan mampu berkomunikasi dan berpresentasi dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa memiliki pengaruh lebih, stand out of the crowd dan disukai oleh teman, boss, keluarga dan (bahkan) mertua.

  • Hendy Lie

    Betul itu pak. Pembelajaran setiap hari akan meningkatkan kemampuan kita. Tidak ada kata MAPAN dlm kamus hidup saya. Gbu.

  • Mustofa Djazuli

    yes master, saya sangat beruntung bisa membeli produk home study course pa david, skill presentasi dan komunikasi saya meningkat 100%, danke master

    • Terima kasih juga Pak Mustofa.
      Sungguh sebuah kebanggaan bagi saya, Pak Mustofa yang juga seorang speaker & trainer masih berkenan belajar. Sukses selalu untuk training-trainingnya Pak