13

Menyulap Handphone Android Anda Menjadi Clicker dan Notes

J

ika anda berpresentasi menggunakan slide presentasi, maka clicker adalah termasuk satu kebutuhan pokok untuk anda. Hanya saja masih jarang sekali orang yang memilikinya. Simak tips ini untuk mengetahui solusi gratisnya, plus membuat teman anda tercengang akan apa yang anda lakukan.

aplikasi-office-remote

Aplikasi Office Remote di HP Android

Masalah yang terjadi jika tidak menggunakan clicker

Berpresentasi PowerPoint menggunakan tanpa clicker akan membuat presentasi anda menjadi terbatas dan kurang maksimal. Jika anda mengoperasikan slide sendiri maka tiap kali berpindah slide anda harus mondar mandir dari tempat anda berdiri ke laptop hanya untuk memencet tombol spasi untuk berpindah slide (sambil menyaksikan wajah-wajah audiens yang frustasi menunggu anda).

Yang sering lagi dilakukan oleh kebanyakan presenter adalah menyandera satu orang untuk didudukkan di depan laptop sebagai operator. Sepanjang presentasi mereka hanya duduk diam di depan laptop sambil menunggu perintah untuk menekan tombol spasi (membacanya saja anda sudah merasa kasihan dengan operatornya bukan?).

Belum lagi saya seringkali menjumpai sering kali terjadi kesalahan koordinasi antara presenter dan operator ini. Slide yang semestinya belum maju ternyata sudah dipencet maju, atau seharusnya sudah maju ternyata masih belum maju-maju. Sehingga yang sering terjadi adalah presenter menampilkan simulasi parkir mobil di atas panggung “Maju lagi Pak, maju lagi… Eitss, kebanyakan Pak, mundur satu lagi. Oh masih kurang Pak, mundur lagi coba. Okay sipp pas sudah.”

Plus jika anda melakukan hal ini akan sering terucap kata-kata filler yaitu “Next… next” yang tentuya jika diucapkan terlalu sering juga akan mengganggu.

Jadi apakah anda masih ingin melakukan hal-hal ini:

  • Membuat audiens frustasi karena harus menunggu anda mondar-mandir untuk menekan tombol next pada laptop
  • Menyandera satu orang (yang tidak bersalah) dan mendudukkannya di depan laptop sepanjang presentasi anda
  • Menampilkan drama adegan tukang parkir di tengah-tengah presentasi anda

Jadi apa ya solusinya?

Solusinya sebenarnya sudah jelas yaitu berinvestasilah pada sebuah clicker. Jikalau anda tidak tahu apa itu clicker, ini dia saya tunjukkan seperti apa penampakannya:

clicker 1

clicker 2

clicker 3

clicker 4

Dengan clicker maka anda akan bisa mengontrol slide presentasi anda sendiri, tidak perlu lagi mondar-mandir apalagi menyandera satu orang untuk menjadi operator.

“Tapi Pak… clicker itu harganya kan juga lumayan. Lagian saya presentasinya juga nggak sering-sering amat.”

Ya sudahlah.. kalau begitu coba saya sharingkan satu alternatif yang bisa anda dapatkan secara gratis. Syaratnya cuma satu, anda musti memiliki smartphone (yang di jaman sekarang saya yakin sekali anda punya). Kalau handphone anda masih dumbphone 🙂 mohon maaf terpaksa anda gigit jari lagi.

Memperkenalkan aplikasi Office Remote

Dengan aplikasi office remote anda akan bisa mengubah handphone android anda menjadi clicker dan sekaligus notes untuk presentasi anda. Catatan notes yang ada di presenter view selain ditampilkan di layar laptop juga akan muncul di layar handphone anda.

Wahh…. keren nggak? Bayangkan saja anda bisa pakai, pasti teman-teman anda iri dan ingin tahu caranya. (P.S: kalau mereka bertanya, jawab saja anda tahu dari blog david-pranata.com ya 🙂 )

Supaya anda tidak tambah penasaran, berikut ini adalah cara menggunakannya:

1. Install aplikasi office remote

Anda perlu melakukan installasi baik di handphone maupun di laptop anda. Berikut saya berikan link untuk keduanya:

Installasi di Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.microsoft.office.officeremote

Installasi di laptop: https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=41149

Jika instalasi anda di laptop berhasil maka anda akan melihat satu tab baru bertuliskan “Office Remote” di tab PowerPoint anda, berikut adalah gambarnya:

OR-toolbar

 

Untuk pengguna IOS, aplikasi serupa juga tersedia dengan nama Microsoft Remote Desktop, terus terang saya belum mencobanya karena saya bukan pengguna Apple.

Jadi silahkan anda coba, atau jika ada yang berbaik hati menghibahkan saya sepasang iPhone dan Macbook, maka saya dengan senang hati akan mencobakannya untuk anda 🙂 .

2. Aktifkan bluetooth di handphone dan laptop

Office remote menggunakan koneksi bluetooth untuk menghubungkan antara handphone dan laptop anda. Oleh karena itu setelah installasi berhasil, aktifkanlah koneksi bluetooth di KEDUA device anda (laptop dan handphone). Setelah itu anda akan perlu melakukan pairing device, supaya kedua gadget ini bisa mengenal satu sama lain dan terkoneksi.

Cara melakukan dua hal di atas tentunya bisa berbeda-beda tergantung dari merk gadget dan operating system yang anda gunakan. Oleh karena itu jika anda mengalami kesulitan, itulah saatnya membuka buku petunjuk penggunaan atau file help gadget anda 🙂

3. Atur dan tampilkan file yang hendak anda presentasikan

Setelah langkah kedua di atas, bukalah file PowerPoint yang ingin anda presentasikan. Klik tab Office Remote dan pastikan sudah dalam kondisi ON. Berikut adalah ilustrasinya:

Step 2

Setelah itu bukalah aplikasi Office Remote yang ada di handphone anda. Jikalau anda sudah melakukannya dengan benar maka di sana akan terlihat file-file PowerPoint apa yang sudah terbuka. Berikut adalah contoh dari screenshot yang ada di handphone saya.

layar-hp-1

4. Enjoy Office Remotenya!

Anda tinggal pilih slide mana yang hendak anda presentasikan dan BINGO! Anda bisa memfungsikan handphone anda menjadi remote control clicker sekaligus tampilan notes untuk presenter view. Berikut adalah tampilan beserta fungsi-fungsinya.

layar-hp-2Di bagian atas anda bisa melihat slide yang sekarang ini sedang terproyeksi di layar beserta slide selanjutnya. Sedang pada bagian bawah anda bisa melihat lama anda sudah berpresentasi, total slide beserta notes anda. Untuk memajukan atau memundurkan slide anda tinggal tekan saja lingkaran bergambar anak panah yang ada di tempat yang sama dengan notes di atas.

Nah.. sekarang anda sudah bisa mejeng dan membuat handphone anda ikut berpartisipasi dalam kesuksesan presentasi anda. Ini adalah sebuah solusi praktis dan gratis bagi anda yang masih belum memiliki clicker untuk presentasi. Selamat mencoba ya!

Ingin Pelajaran Serupa?

SDME

Konten di atas adalah salah satu contoh dari sekian banyak dari konten-konten yang ada dalam program online course “Slide Design Made Easy: cara mudah mendesain slide yang bisa anda banggakan”.

Terdapat total 31 lesson pembelajaran dalam 44 video tutorial yang bisa anda pelajari dan memampukan anda untuk mendesain slide dengan cepat, mudah dan tanpa frustasi.

Info lebih lanjut
Sharing is Caring
David Pranata
 

Halo, Saya David Pranata seorang speaker, trainer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan mampu berkomunikasi dan berpresentasi dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa memiliki pengaruh lebih, stand out of the crowd dan disukai oleh teman, boss, keluarga dan (bahkan) mertua.