3

Satu Organisasi yang Mampu Mengubah Hidup Anda

Jikalau saya harus memberikan kredit kepada program yang benar-benar membantu meningkatkan kemampuan presentasi saya, maka tanpa ragu saya akan menyebut Toastmasters. Inilah organisasi yang membuat saya berkembang dan mengubah hidup saya.

toastmasters

Apa itu Toastmasters?

Toastmasters adalah sebuah organisasi non profit yang bergerak di bidang komunikasi dan kepemimpinan. Didirikan oleh Ralph C. Smedley di Santa Ana, California pada tahun 1924 (wah.. sudah 90 tahun ya umurnya). Sekarang organisasi ini telah berkembang di 126 negara dengan jumlah member sekitar 313.000 orang.

Dalam sebuah pertemuan Toastmasters, sekitar 20 orang akan berkumpul dan berlatih untuk memberikan presentasi. Member akan mempersiapkan sebuah pidato / presentasi singkat berdurasi 5 – 7 menit, nantinya akan ada member lain (biasanya yang lebih senior) yang memberikan evaluasi.

Selain sesi presentasi yang sudah dipersiapkan (sering disebut prepared speech session), ada juga sesi lain yang tidak kalah serunya yaitu Table Topic Session. Ini adalah sebuah sesi dimana kita berlatih untuk berbicara secara impromtu / tanpa persiapan. Anda akan maju ke depan, diberi pertanyaan dan harus memberikan jawaban berupa pidato singkat berdurasi 1 – 2 menit.

Selain bidang komunikasi, banyak juga yang bisa dipelajari tentang kepemimpinan. Di Toastmasters anda bisa mengajukan diri secara sukarela untuk menjadi pengurus klub. Di sini anda akan belajar banyak bagaimana mengorganisasi pertemuan, mengelola klub dan mencapai tujuan bersama.

Bahkan jika anda tertarik, anda bisa lanjut untuk jenjang yang lebih tinggi lagi sampai menjadi leader level internasional. Belum ada lo.. orang Indonesia yang sampai menjadi International Presidentnya Toastmasters (yang sudah pernah ada dari Malaysia).

Jadi di Toastmasters ini tidak ada guru, dosen atau pengajarnya, sistemnya adalah sebuah klub. Di sinilah tempat teman membantu teman untuk bersama-sama meningkatkan diri.

Toastmasters is a place where friends helping friends to achieve greatness together
– Dunstan Chan –

Okay.. itu kurang lebih gambaran singkatnya tentang Toastmasters, lalu mungkin sekarang anda punya pertanyaan ini…

Mengapa saya musti bergabung?

Berikut adalah beberapa alasannya:

  1. Sebagai tempat berlatih presentasi
    Menemukan tempat berlatih presentasi seringkali tidak mudah. Tidak bisa selesai kotbah Jumat / kebaktian di gereja, anda berkata pada Pak Kyai, pastor atau pendeta bahwa anda juga ingin bicara.
    Anda butuh tempat untuk berlatih, dan Toastmasters menyediakannya.
  2. Lingkungan yang sangat positif
    Member di Toastmasters adalah orang-orang paling positif yang pernah saya lihat. Mereka datang karena ingin belajar dan mengembangkan diri. Mereka akan mendengarkan presentasi anda dengan antusias dan mendorong anda untuk maju. Anda tentunya membutuhkan lingkungan seperti ini untuk bisa maju dan berkembang.
  3. Bisa mengubah hidup anda
    Inilah hal yang secara pribadi saya alami. Saya belajar dan menemukan passion saya dalam bidang public speaking di sini, beralih karir dan sekarang menjadikannya sebagai profesi. Oh ya… sudahkah saya sebutkan kalau saya juga mengenal istri saya dari Toastmasters 🙂

Banyak klub Toastmasters menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar, sehingga member juga memanfaatkannya sebagai tempat untuk mempraktekkan bahasa inggris mereka. Jika anda mencari tempat atau komunitas untuk mengasah bahasa inggris anda, Toastmasters juga sebuah sarana yang tepat.

Dan jikalau saya diminta menyebutkan alasan-alasan lain lagi, saya masih mampu menuliskannya sampai panjang. Akan tetapi untuk membuat tulisan ini lebih simpel, lebih baiklah kita berfokus pada tiga alasan tersebut. Selain itu saya juga ingin memberikan kesempatan pada member Toastmasters lain yang kebetulan membaca blog ini. Share ya di komentar ya.. Mengapa anda bergabung di Toastmasters?

Lalu.. bagaimana caranya bergabung?

Toastmasters Club banyak tersebar di kota-kota besar yang ada di Indonesia (Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Jogjakarta, Bali dll). Jadi anda tinggal kunjungi saja di website Toastmasters International, kemudian scroll ke bawah sampai ada menu “find a club” untuk menemukan klub terdekat yang ada di kota anda.

Anda tinggal hubungi saja kontak person yang tercantum di sana, tanyakan jadwal meeting terdekat dan anda bisa datang sebagai guest. Silahkan saja lihat dan amati bagaimana program Toastmasters berjalan (mau datang sampai berkali-kali pun tetap boleh kok 🙂 ). Jikalau memang pas dengan keinginan dan kebutuhan anda, barusan anda bergabung.

Mmm… ada biaya untuk bergabungnya nggak pak?

Haha.. walaupun ini organisasi non profit, tetap ada biaya membernya. Biaya ini untuk operasional klub dan manual book yang bakal anda dapatkan. Biayanya adalah $20 untuk pendaftaran awal (sekali saja) dan iuran anggota $6 perbulan (dibayar 6 bulan ke depan). Cukup bersahabat bukan?

Jadi inilah organisasi yang tanpa ragu saya katakan berhasil mengubah hidup saya. Apakah anda yang berikutnya?

Pertanyaan: “Adakah hal lain yang ingin anda ketahui tentang Toastmasters?” untuk yang sudah member Toastmasters “Mengapa anda bergabung di Toastmasters?” Sharingkan jawaban anda pada kolom komentar di bawah.

Sharing is Caring
David Pranata
 

Halo, Saya David Pranata seorang speaker, trainer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan mampu berkomunikasi dan berpresentasi dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa memiliki pengaruh lebih, stand out of the crowd dan disukai oleh teman, boss, keluarga dan (bahkan) mertua.

  • Hendy Lie

    Betul itu pak. Pembelajaran setiap hari akan meningkatkan kemampuan kita. Tidak ada kata MAPAN dlm kamus hidup saya. Gbu.

  • Mustofa Djazuli

    yes master, saya sangat beruntung bisa membeli produk home study course pa david, skill presentasi dan komunikasi saya meningkat 100%, danke master

    • Terima kasih juga Pak Mustofa.
      Sungguh sebuah kebanggaan bagi saya, Pak Mustofa yang juga seorang speaker & trainer masih berkenan belajar. Sukses selalu untuk training-trainingnya Pak