Tombol Ajaib untuk Presentasi Anda

By David Pranata | Tips Presentasi

Dec 12

“Pak.. bagaimana ya cara mematikan LCD projector?”

Ya tinggal tekan saja tombol off pada LCD nya kan, nanti kan bakal mati sendiri @_@

Memang benar ketika ditekan tombol off LCD bakal mati. Akan tetapi masalahnya terletak jika Anda hanya ingin mematikan LCD projector untuk sementara waktu saja.

Untuk menghidupkannya kembali, biasanya membutuhkan waktu cukup panjang antara 15 – 30 detik. Dan tentu saja anda tidak ingin saling bertatap muka dengan audiens, kondisi hening dan tidak terucap satu patah kata pun, hanya untuk menuggu LCD projector Anda menyala kembali 🙂

Kelihatannya hal ini sepele, tapi sering kali saya temui. Pembicara atau MC berupaya untuk mematikan LCD projector sesaat, biasanya di jeda antara pembicara satu dan pembicara berikutnya, atau karena soroton LCD projector menganggu, atau bisa saja karena memang ingin dimatikan sesaat.

Yang sering terjadi adalah, pembicara mengambil kertas dilipat-lipat kemudian ditutupkan ke LCD, ada juga yang memasang cover LCD pada kondisi LCD menyala (dan tentunya aksi ini menjadi sedikit akrobatik jika ternyata posisi LCD projector digantung di atas). Memang pendekatan ini berhasil, akan tetapi makan cukup waktu dan terkesan low-tech 🙂

“Jadi bagaimana caranya yang cepat dan terkesan high-tech?”

Tentu saja ada caranya… di MS Power Point ada tombol ajaib yang bisa mematikan LCD projector hanya dalam sekejab saja. Yang harus Anda lakukan adalah tinggal jalankan saja slide presentasi anda (slide show mode), dan untuk mematikan tekan saja tombol B.

SONY DSC

Tombol Ajaib Presentasi

Selesai. Layar pun akan menjadi gelap, seperti kondisi ketika LCD projector mati

Untuk menyalakannya kembali anda tinggal tekan ulang B. Simpel banget bukan? Dibanding Anda harus melakukan kerajinan tangan melipat-lipat kertas untuk ditutupkan di LCD projector.

Bagi anda yang protes “Pak, tapi saya tidak suka warna hitam atau gelap ketika LCD projector posisi mati. Ada alternatif lain nggak?” Jawabannya “Ada”. Jika anda lebih suka warna putih ketika LCD projector dalam posisi off, anda bisa tekan tombol W.

Setelah mendengar penjelasan di atas dan anda berharap menekan tombol P atau G sehingga keluar warna pink atau green /hijau. Mohon maaf Anda pasti kecewa :), cuma ada dua pilihan warna waktu kondisi LCD projector off yaitu hitam/black (B) dan putih/white (W).

Follow

About the Author

Halo, Saya David Pranata seorang speaker, trainer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan mampu berkomunikasi dan berpresentasi dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa memiliki pengaruh lebih, stand out of the crowd dan disukai oleh teman, boss, keluarga dan (bahkan) mertua.