1

Unexpected – Menggunakan Kejutan dan Misteri Dalam Presentasi Anda

Kali ini saya akan membahas prinsip ke-dua untuk membuat presentasi anda bisa melekat di benak audiens. Bagi anda yang ingin tahu keseluruhan prinsip yang ada (SUCCESs principle), anda bisa simak artikel saya yang satu ini.

Prinsip yang kedua adalah Unexpected atau sesuatu yang tidak disangka-sangka. Anda membutuhkan sesuatu yang unexpected untuk bisa mendapatkan dan mempertahankan perhatian audiens.

surprise

Mengapa harus Unexpected?

Karena segala sesuatu yang mudah diprediksi akan berpotensi membosankan. Bayangkan anda menonton pertandingan sepakbola dimana anda sudah tahu hasil akhirnya, atau membaca novel detektif yang sejak dari awal anda sudah tahu siapa pembunuhnya. Apakah masih seru? Saya yakin keseruannya sudah jauh berkurang.

Dalam hal ini kita musti banyak belajar dari penulis naskah film atau penulis novel, mereka adalah orang-orang yang benar-benar jago untuk membuat kejutan-kejutan dalam bentuk plot twist. Ditambahkan lagi dengan cara mereka menyisipkan misteri yang membuat kita bertanya-tanya dan akhirnya tetap setia di depan televisi atau membaca sampai akhir.

Nah.. sekarang bagaimana cara menerapkannya di dalam presentasi?

Anda bisa menggunakan dua komponen dari unexpected di dalam presentasi anda. Dua komponen itu adalah Surprise dan Mystery. Sekarang mari kita bahas satu persatu dua komponen tersebut.

Surprise

Kita menggunakan surprise/kejutan untuk mendapatkan perhatian dari audiens. Bagian presentasi mana yang kira-kira paling cocok untuk menggunakan teknik ini? Yup betul sekali…jawabannya adalah opening/pembukaan karena anda ingin mendapatkan perhatian dari audiens sejak dari awal presentasi anda.

Banyak orang membuka presentasi mereka dengan cara bahkan kata-kata yang mudah sekali di prediksi, misalnya: ucapan selamat datanga dan terima kasih yang panjang lebar. Oleh karena itu pikirkanlah cara-cara kreatif atau hal mengejutkan apa yang bisa anda gunakan untuk membuka presentasi anda. Berikut saya berikan beberapa contoh:

Contoh 1:

Rebbecca Fuller, pendiri dari RAF sebuah organisasi yang membuat museum khusus untuk benda-benda yang bisa disentuh, membuka presentasinya dengan tiba-tiba mematikan seluruh lampu dan membuat ruangan gelap gulita. Dalam kegelapan diapun memulai “Inilah rasanya jika anda seorang buta dan berada di kebanyakan museum yang ada. Tidak ada yang bisa dipelajari, tidak ada yang bisa dinikmati”

Contoh 2:

Bill Gates dalam presentasi TEDnya melepaskan toples berisi nyamuk yang dia sebut nyamuk malaria sambil berkata “Supaya tidak hanya orang miskin saja yang punya pengalaman dengan malaria”. Berikut saya juga sertakan cuplikan link videonya yang bisa anda tonton di bawah ini:

Contoh 3:

Salah seorang murid di kelas public speaking saya yang bernama Daniel Dean setelah membuka presentasinya dengan sepatah, dua patah kata tiba-tiba terbata-bata dan lupa isi presentasinya. Setelah kita semua tertipu dan benar-benar mengira dia lupa akan isi presentasinya, tiba-tiba sambil bergeser dia berkata “Itulah bagaimana saya berpresentasi dulu sebelum saya ikut kelas public speaking ini”

Nah itu tadi contoh-contoh bagaimana kita bisa menggunakan kreativitas untuk membuat kejutan atau hal-hal tak terduga di dalam presentasi kita. Setelah mendapatkan perhatian audiens kita juga musti mampu mempertahankan perhatian audiens. Kita bisa melakukannya dengan komponen yang kedua berikut:

Mystery

Kita menggunakan misteri supaya menimbulkan rasa penasaran dan ingin tahu dalam diri audiens. Jika seseorang penasaran dan ingin mengetahui jawaban, hasil akhir atau kesimpulan dari sesuatu maka dia akan terus memusatkan perhatian pada presentasi anda.

Oleh karena itu dalam presentasi jadilah jago membangun rasa penasaran (teaser). Beberapa cara yang bisa anda gunakan adalah:

  • Lontarkan pertanyaan yang menarik pada audiens
  • Sebutkan sebuah petunjuk (hints) di awal dan katakan bahwa anda akan mengungkapnya di akhir

Supaya lebih jelas, akan coba saya berikan beberapa contoh berikut:

Contoh 1:

“Hari ini saya akan mengungkapkan 5 teknik mempersuasi orang lain. Dari kelima teknik ini, teknik no 5 lah yang paling penting dan paling dahsyat. Oleh karena itu saya minta tolong untuk digunakan secara etis dan tidak disalahgunakan. Okay.. sekarang akan saya mulai dengan teknik yang pertama terlebih dahulu”

Contoh 2:

“Pada penghujung presentasi saya akan saya sampaikan rahasia bagaimana seorang anak muda yang gaptek bisa memberoleh ratusan juta rupiah melalui internet. Rahasia itulah yang akhirnya merubah hidupnya 180 derajat sekarang, oleh karena itu jangan sampai ketinggalan”

Pertanyaan: “Adakah anda memiliki contoh-contoh lain tentang presentasi yang Unexpected?” Jika anda ada contoh lain, silahkan bisa anda tambahkan pada kolom komentar yang ada di bawah artikel ini

Sharing is Caring
David Pranata
 

Halo, Saya David Pranata seorang speaker, trainer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan mampu berkomunikasi dan berpresentasi dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa memiliki pengaruh lebih, stand out of the crowd dan disukai oleh teman, boss, keluarga dan (bahkan) mertua.