Halo, Perkenalkan Nama Saya
David Pranata

Saya adalah seorang trainer dan penulis yang berfokus di topik seputar presentasi dan komunikasi. Saya biasa membantu mereka yang:

  • grogi, pucat dan tidak tahu apa yang harus dikatakan saat harus presentasi
  • bingung cara memulai pembicaraan atau connect dengan orang lain
  • kesulitan ketika harus meyakinkan, menjual atau bernegosiasi 

Dulunya.. kondisi saya juga persis seperti di atas

David Pranata

Trainer & Writer

Inilah Cerita Saya...

Dulunya saya orang yang kaku dan susah berkomunikasi. Diminta presentasi 5 menit saja sudah saja blank dan tidak tahu apa yang mau dikatakan. Kalau bertemu orang lain selalu merasa canggung, apalagi harus meyakinkan atau berjualan. 

Sampai akhirnya suatu saat saya bergabung di klub Toastmasters, sebuah organisasi non profit di bidang komunikasi dan kepemimpinan. Di sana saya belajar banyak tentang public speaking dan komunikasi sampai akhirnya jatuh hati pada dua hal tersebut.

Dan jika sudah jatuh hati, saya menjadi ingin tahu dan belajar lebih banyak lagi. Then my learning journey begins...


Saya jadi mendalami dunia public speaking dan komunikasi, saya pun lanjut belajar dari banyak trainer baik dari dalam maupun luar negeri. Berikut ini adalah beberapa foto - foto kenangan saat belajar.

Foto jadul saat di Toastmasters

Bersama istri saya & Gerald Green,
mentor & guru saya di public speaking

Belajar dengan Craig Valentine,
1999 World Champion of public speaking

Belajar experiential learning dari
Clinton Swaine - Frontier Training

Akhirnya saya sampai di satu titik di mana saya berpikir "Jika saya memang benar - benar menyukai dunia pembelajaran (terutama dalam hal presentasi dan komunikasi), mengapa tidak saya jadikan profesi saja?"

Saya pun banting setir, dari seorang karyawan di perusahaan manufakturing menjadi seorang pengajar. Saya memulai dari menjadi guru ekstrakurikuler public speaking di SMP & SMA, dosen luar biasa di universitas sampai akhirnya menjadi trainer / speaker yang memberikan pelatihan di banyak perusahaan dan instansi pemerintah terkemuka di Indonesia.

Itulah sekilas cerita saya... yang menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi dan presentasi bukanlah sesuatu yang didapat murni dari bakat, melainkan sesuatu yang bisa dipelajari dan dilatih. Dengan mengetahui tips, trik dan teknik yang tepat, Andapun akan mampu menguasai skill krusial ini.  Untuk tips - tipsnya, nanti Anda bisa cek "how to guides" yang sudah saya persiapkan untuk Anda pada bagian bawah about page ini.

Kredential Saya

  • Dipercaya oleh sekian banyak perusahaan seperti Unilever, Sampoerna, Medco, Adira Finance, Adidas, Tokio Marine dll untuk memberikan pelatihan bagi segenap karyawan dan staff mereka 
  • Memberikan training di instansi pemerintah seperti Bank Mandiri, Bank Indonesia, PLN, Pertamina, Kementrian Luar Negeri, Bea Cukai, dan Kantor Pusat Ditjen Pajak
  • Menjadi Koordinator Training di District 87 Toastmasters International (2012 – 2013) dan memberikan training untuk Toastmasters club yang bernaung di Indonesia, Malaysia dan Brunei
  • Menjadi 2nd runner up di Evaluation & International Speech Contest tahun 2012 District 87 Toastmasters International (kontes public speaking level 3 negara Indonesia, Malaysia, Brunei)
  • Menulis buku "Speak with Power" dan "Communication Made Easy" yang diterbitkan oleh Elex Media dan langsung mendapat sambutan hangat oleh para pembaca di tanah air
  • Mengelola blog pribadi david-pranata.com di topik presentasi dan komunikasi yang sampai saat ini sudah memiliki lebih dari 10.000 subscribers

A Little Bit (Personal) About Me

Saat ini saya tinggal di Surabaya bersama dengan putri saya, Gwen, yang saat ini berusia 7 tahun. Istri saya, Niken, sudah berpulang ke rumah Bapa tahun 2020 lalu karena sakit kanker yang dideritanya. Saya sudah menuliskan kisah perjalanan hidup saya & Niken dalam sebuah rangkaian artikel berjudul "Our Story". Untuk membacanya Anda bisa klik link berikut

Saya dan Gwen saat berada di HanaRa Bandung

Saat saya sedang tidak menyiapkan materi, memberikan training atau membuat konten untuk website maka mungkin Anda akan menemukan saya sedang bermain, jalan - jalan dengan Gwen atau sedang membaca buku. Plus berikut adalah beberapa hal lagi yang mungkin tidak Anda sangka atau tidak Anda ketahui tentang saya:

  • Saya lahir dan besar di Kota Kudus (dan senang banget makan soto kudus, pindang ayam, nasi tahu dan sekian banyak makanan enak - enak yang cuma ada di Kudus)
  • Saya adalah pecinta musik metal (dengan band favorit saya Avantasia, Rhapsody, Nightwish... belum pernah dengar kan nama - namanya?)
  • Saya adalah pecinta kopi (yang sehari minum minimal tiga cangkir kopi)
  • Saya juga seorang gamer (dari kecil sampai sekarang juga masih nge-game paling hobby main Assassin's Creed, God of War, Need for Speed dan masih banyak lagi yang lain)
  • Saya hobby banget membaca buku - buku tentang sejarah dan science (walaupun sama sekali tidak ada bakat jadi arkeolog atau ilmuwan)

Kalau Anda ingin tahu lebih lanjut seputar hal - hal tersebut di atas (plus hal - hal lain lagi yang mungkin tidak Anda ketahui tentang saya), silahkan bisa disimak artikel blog saya yang berikut ini

Perpustakaan kecil di rumah - isinya buku sejarah & science

Beberapa Tools "How To Guides" yang Sekiranya Bisa Membantu Anda

Ebook From Panic to Power

Baca ini jika tiap akan presentasi Anda

langsung pucat, gemetar & sakit perut

Video 3 Langkah Presentasi

Tonton ini supaya tidak lagi dicuekin audiens ketika harus presentasi

Course 21 Hari Pribadi Menarik

Pelajari ini untuk mudah menjalin relasi dan disukai orang lain

Anda Juga Bisa Menemukan & Connect
dengan Saya di Beberapa Channel Berikut Ini