Cara Simpel untuk Membuat Orang Lain Merasa Diri Mereka Istimewa

By David Pranata | Tips Komunikasi

Oct 24

Semua orang memiliki kebutuhan untuk dianggap penting, berarti dan istimewa. Ini adalah sebuah kebutuhan mendasar tiap orang. Berikut adalah langkah awal yang bisa anda lakukan untuk membuat orang lain merasa diri mereka istimewa.

name-stickers

Baru-baru ini saya menerima pujian dari mahasiwa yang sudah tidak lagi saya ajar selama kurang lebih satu tahun 🙂 , pujian apakah yang saya terima?

Apakah karena cara mengajar saya yang bagus?

Apakah karena sekarang dia sudah jadi presenter sukses?

Jawabannya adalah…… “Bukan karena itu semua”.

Berikut adalah kata-kata pujian yang dia sampaikan “Pak David, di antara seluruh dosen yang ada, hanya Bapak yang ingat nama saya. Saya merasa penting.” 

Langkah awal untuk bisa membuat seseorang merasa dirinya penting adalah dengan mengingat namanya. Hal ini sesuai dengan quote dari Dale Carnegie yang berbunyi:

“A person’s name is to that person the sweetest and the most important sound in any language” – Dale Carnegie –

Dan bukankah kita seringkali demikian mudahnya melupakan nama orang? Setelah bersalaman dengan orang yang baru kita kenal, 20 detik kemudian kita sudah tidak ingat lagi siapa nama orang yang berada di depan kita.

Nah, berikut adalah beberapa tips untuk lebih mudah mengingat nama orang:

Buatlah nama mereka adalah hal yang penting

Jika sesuatu itu penting maka anda cenderung akan lebih mengingatnya. Misalkan saja saya berkata “Bagi mereka yang membaca blog ini sampai selesai, maka saya akan berikan hadiah Rp 500rb tunai. Anda tinggal berikan saja nama dan no rekening anda di kolom komentar”

Nah.. kira-kira apakah anda akan lupa melakukannya? “Tidak mungkin Pak, konyol banget kalau sampai lupa” (sekali lagi saya tekankan, hal di atas hanya contoh lo ya 🙂 )

Anda tidak lupa karena bagi anda itu adalah sesuatu yang penting. Jadi mulai sekarang anggaplah nama orang yang berada di depan anda adalah sesuatu yang penting dan berarti untuk diingat.

Berusahalah secara sadar untuk mengingatnya

Saya bisa mengingat nama-nama mahasiswa saya bukan karena saya jago menghafal atau punya kemampuan photographic memory. Saya bisa mengingatnya karena saya melakukan usaha ekstra secara sadar.

Sering saya membuat catatan mengenai nama-nama orang yang saya baru saja saya temui beserta detil-detil tentang diri mereka. Sesekali di waktu malam saya buka kembali catatan saya itu untuk mengingat kembali.

Mengapa saya sampai melakukan hal ini? Kembali ke alasan no 1 yaitu karena bagi saya nama mereka adalah sesuatu yang penting.

Sebut dan ulangi nama mereka ketika bercakap-cakap

Ketika barusan saja berkenalan dengan seseorang yang baru, anda bisa menyebut dan mengulangi nama mereka sambil bercakap-cakap. Ketika anda mengulangi dan menyebut nama mereka, tentunya ingatan anda juga akan semakin menguat.

Plus, ketika anda melakukan hal tersebut mereka akan merasa lebih diapresiasi. Mereka juga akan merasa bahwa anda menganggap mereka sebagai seseorang yang penting, bukan hanya sekedar sebuah wajah tanpa nama.

Apakah dengan mempraktekkan ketiga tips di atas otomatis anda langsung bisa ingat seluruh nama? Tentu saja tidak. Saya pun juga masih sering lupa dan harus berusaha keras mengingat nama (terutama yang sudah lama tidak ketemu).

Akan tetapi yang jelas ingatan saya akan nama meningkat drastis dengan menerapkan tiga tips di atas (kalau tidak nggak bakal dapat pujian donk 🙂 ). Jadi selamat mempraktekkan dan buatlah orang lain merasa dirinya penting!

Pertanyaan: “Adakah tips lain untuk mengingat nama yang anda ketahui?” Silahkan sharingkan jawaban anda pada kolom komentar yang ada.

Follow

About the Author

Halo, Saya David Pranata seorang trainer dan writer. Harapan saya adalah blog ini mampu menbantu Anda mengkomunikasikan keinginan, kebutuhan dan perasaan dengan jelas dan percaya diri - "Speak & Express What Matter Most"