Pengalaman Berbagi di Akber Malang

By David Pranata | Inspirasi

Jun 30

Hari Jumat, tanggal 27 Juni lalu saya mendapat kesempatan untuk bisa berbagai di Akber Malang. Haha..berbagi tentang topik apa lagi kalau tidak tentang “Presentation Skill”, topik favorit saya. Acaranya sendiri berlangsung seru, karena anak – anak Akber memang selalu seru, ini dia beberapa foto dari acaranya.

Akber 1

Foto ketika kelas berlangsung di D’Lucky Cafe

Akber2

Foto bersama para peserta

Nah… tapi mungkin saja sekarang anda berkata “Apa sih Akber itu? kok baru dengar sekarang ya?”

Akber (Akademi Berbagi) adalah sebuah organisasi non profit yang bertujuan untuk memberikan pendidikan secara gratis. Yang saya maksud pendidikan di sini bukanlah pendidikan formal di bangku sekolah, akan tetapi lebih berupa pendidikan non formal. Kelas-kelasnya dibuat di dalam format semacam seminar yang dibawakan oleh orang-orang yang berkompetensi di bidangnya (biasanya mereka disebut sebagai guru). Topik-topik yang dibawakan juga beragam, contoh-contohnya adalah public speaking, membuat CV, fotografi sampai stand up comedy.

Akber sendiri sudah menjadi sebuah gerakan nasional di Indonesia.  Cabang-cabangnya sudah sudah ada di sekian banyak kota-kota di Indonesia, mulai dari kota besar sampai dengan kota-kota kecil. Di tiap-tiap kota, cabang-cabang Akber ini dikelola secara mandiri oleh relawan-relawan yang ada di kota yang bersangkutan.

Ini sudah kali kedua saya berbagi di Akber, yang pertama dulu di kota saya sendiri yaitu Surabaya. Saya selalu merasa happy tiap kali mendapat kesempatan untuk bisa berbagi di Akber. Mengapa? karena yang datang di sesi-sesinya Akber (biasa di sebut Akberians) adalah mereka-mereka yang benar-benar ingin belajar dan mendapatkan pengetahuan yang baru. Haha.. nggak ada kan Akberians yang datangnya kepaksa (hmmm… kecuali yang datangnya karena dipaksa menemani pacarnya 🙂 )

Suasana dalam kelasnya pun berlangsung dengan positif, aktif dan fun. Ini membuat kita yang berbagi juga merasa gembira sehingga berbaginya bisa benar-benar all out.

Akber ini membuka kesempatan baik bagi mereka yang ingin belajar maupun yang ingin berbagi. Banyak orang yang merasa bahwa proses belajar selesai setelah mereka lulus kuliah. Lulus kuliah berarti harus mulai bekerja dan cari uang saja. Menurut saya justru setelah lulus kuliah kita belajarnya musti tambah banyak terutama tentang bidang pekerjaan yang anda geluti.

Di lain sisi saya juga yakin bahwa setiap orang ingin bisa berkontribusi dan memberi arti bagi orang lain. Salah satu caranya adalah berbagi pengalaman, pengetahuan dan cerita mereka. Nah.. sesi-sesi di Akber ini bisa menjadi satu wadah supaya anda juga bisa berbagi untuk orang lain.

Jadi.. bagi yang ingin tahu tentang Akber lebih lanjut, pantengin aja websitenya di Akademiberbagi.org. Saya sarankan anda juga follow twitter mereka (karena aktifitas dan informasi kegiatan Akber lebih banyak dilakukan via twitter) @akademiberbagi. Atau yang tinggalnya di Surabaya atau Malang, bisa follow yang ini @AkberSBY dan @AkberMLG

Follow

About the Author

Halo, Saya David Pranata seorang trainer dan writer. Harapan saya adalah blog ini mampu menbantu Anda mengkomunikasikan keinginan, kebutuhan dan perasaan dengan jelas dan percaya diri - "Speak & Express What Matter Most"